Sukses

Universitas Muhammadiyah Yogya Berdiskusi Soal DPD Dengan Senator

Sosialisasi tentang Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Senator menerima rombongan mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan berdiskusi.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memberikan sosialisasi tentang Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Senator Daerah Istimewa Yogyakarta, Muhammad Afnan Hadikusumo, menerima rombongan mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), di Ruang GBHN, Senin (30/5).

Dalam pemaparannya Afnan meminta mahasiswa harus betul-betul paham tentang DPD, “Sebagai mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan, saya kira hukumnya wajib bagi kalian untuk mengetahui apa itu DPD dan jangan sampai keliru, karena lembaga negara Dewan Perwakilan Daerah itu berbeda dengan organisasi Dewan Pimpinan Daerah, jadi jika salah sebut ya salah makna,” ujarnya.

Afnan menghimbau agar para mahasiswa bisa juga membangun daerah dengan berbagai cara, “Kelak apa pun profesi dan pekerjaan kalian, alumni UMY ini harus bisa membangun daerah dimana pun kalian berasal, karena mahasiswa UMY ini kan dari berbagai daerah,” tukasnya.

Dikesempatan yang sama, hadir Kepala Bidang Pemberitaan dan Media Visual Mahyu Darma yang juga memberikan pemaparan materi tentang peran dan fungsi DPD RI, “Ciri-ciri DPD sebagai lembaga negara adalah diakui secara undang-undang, DPD bekerja bukan hanya untuk satu daerah saja tapi untuk sabang sampai merauke,” katanya.

Delegasi UMY didampingi oleh seorang dosen pendamping, Suswanta, sebagai dosen jurusan Ilmu Pemerintahan, “DPD walaupun tidak diimbangi dengan fungsi anggaran yang paripurna, namun secara akademis saya mengapresiasi apa-apa saja yang sudah dihasilkan DPD baik dari produk legislasinya maupun hal lain yang dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi DPD,” jelasnya.

 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.