Sukses

Gempa 5 SR Guncang Saumlaki Maluku Tenggara Barat Jelang Subuh

Namun, gempa pada kedalaman 121 kilometer di bawah laut itu tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Liputan6.com, Saumlaki - Menjelang subuh, gempa bumi berkekuatan 5 skala Richter menggoyang Saumlaki, ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku pada Senin ini menjelang subuh sekitar pukul 03.20 WIT.

Seperti dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bmkg.go.id, Senin (30/5/2016), gempa ini berpusat di 254 kilometer barat laut Maluku Tenggara Barat.

Menurut BMKG, koordinat gempa berada pada 7.44 Lintang Selatan dan 129.07 Bujur Timur. Kendati demikian, gempa pada kedalaman 121 kilometer di bawah laut itu tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Dengan demikian, warga Maluku Tenggara Barat yang secara geografis berdekatan dengan Timor Leste dan Australia tersebut tak perlu panik.

Sekadar informasi, Maluku salah satu kawasan rawan gempa dan tsunami. Sebab, provinsi tersebut terdapat pertemuan tiga lempeng besar, yaitu Pasifik, Indo Australia dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik. Pertemuan dua lempeng ini menyebabkan patahan yang tidak beraturan.

Daerah-daerah rawan gempa bumi di Maluku, meliputi wilayah bagian tenggara, yaitu Pulau Ambon, Pulau Seram dan Pulau Buru. Adapun pusat patahan di antaranya di laut Ambon dan Seram Bagian Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini