Sukses

Ribuan Warga Bogor Ramaikan Tradisi Ngubek Setu Gede

Warga dari luar Bogor pun turut serta dalam even tahunan ini.

Liputan6.com, Bogor - Pesta rakyat bertema 'Ngubek Setu Gede' di Kota Bogor dihadiri ribuan warga sejak pagi. Acara berlangsung seru, tua muda turun ke setu menangkap ikan.

Pesta rakyat yang berlangsung di Kelurahan Setu Gede, Kota Bogor, Jawa Barat ini dalam rangka 'mapag munggah' atau menyambut datangnya Ramadan dan Hari Jadi ke-534 Kota Bogor.  

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Situ Gede Eman Sulaeman mengatakan, ngubek setu sudah menjadi tradisi masyarakat Bogor sejak zaman kolonial Belanda. Warga beramai-ramai nyebur ke setu untuk memanen ikan.

"Di setu ini terdapat beragam jenis ikan konsumsi. Dan saat ngubek setu ini, selalu diikuti juga warga dari luar Bogor," kata Eman.

Lokasi sekitar Setu Gede juga dipenuhi warga yang ingin menonton. Jalanan menjadi ramai, bahkan macet di sekitar setu. Selain itu, rerumputan dan pohon rindang di sekitar setu pun disulap menjadi lokasi piknik keluarga.

"Ini sudah tradisi warga Setu Gede. Pesta rakyat jelang bulan puasa," kata warga setempat, Asep Hilman.

Aneka jenis ikan seperti nila, emas, dan mujair ditebar di setu seluas 4,5 hektare itu. Warga dari luar Bogor pun turut serta dalam event tahunan ini.

Bagi warga yang membawa jala dikenakan biaya Rp 50 ribu, sedang yang menangkap ikan dengan serokan dikenai biaya Rp 25 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini