Sukses

Wagub Djarot Ingatkan Pentingnya Pancasila

Dalam acara memperingati Hari Lahirnya Pancasila ini, Djarot yang membacakan Pidato Pembukaan Pancasila Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 1 Juni 2016 mendatang, Indonesia akan memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Pemprov DKI pun memperingati kelahiran ideologi dasar bagi negara Indonesia itu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat pun menghadiri acara 'Pidato Pancasila Bung Karno dalam Sidang BPUPKI 1 Juni 1945', bersama Ketua Umum Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 Aziz Syamsuddin.

Dalam kesempatan ini, Djarot yang membacakan Pidato Pembukaan Pancasila Bung Karno ini, mengaku sangat gembira dengan adanya acara ini. Karena acara tersebut dapat membangkitkan semangat Pancasila generasi muda.

"Saya menyambut gembira apa yang dilaksanakan ini. Saya tahu bahwa sebagian besar anak-anak kita, pemuda-pemuda kita tidak memahami bahwa sidang BPUPKI dilakukan mulai dari 29 Mei sampai 1 Juni dan itu dilaksanakan di Pejambon," ungkap Djarot di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (29/5/2016).

Djarot mengatakan, kalau sampai generasi muda tidak tahu dan tidak paham pentingnya Pancasila, Bangsa Indonesia akan mengalami kemerosotan jiwanya.

"Karena sidang BPUPKI adalah penting, karena untuk satu pertanyaan dasar oleh Radjiman Wedyodiningrat, yaitu kalau Indonesia ini merdeka apa dasarnya? Apa filosofinya? satu bangsa ini harus memahami mengapa kita merdeka," kata dia.

Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, kalau sampai Bangsa Indonesia tidak memahami Pancasila, maka tiang-tiang negara juga bisa hancur.

"Indonesia kalau tanpa dasar, maka pembangunan apapun, tiang-tiang apapun yang dibangun akan mudah ambruk," pungkas Djarot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.