Sukses

Mensos Target Rastra Tersalurkan 80 Persen Awal Juni

Mensos mendorong bupati atau wali kota se-Indonesia untuk mempercepat Surat Perintah Alokasi.

Liputan6.com, Jember - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menargetkan penyaluran beras untuk keluarga prasejahtera atau rastra mencapai target 80 persen awal Juni nanti.

Untuk itu, Mensos mendorong bupati atau wali kota se-Indonesia untuk mempercepat Surat Perintah Alokasi (SPA) supaya pada Juni sudah terdistribusikan. "Saya berharap minggu pertama di bulan Juni itu bisa mencapai 75 sampai 80 persen," ujar Khofifah di Jember, Sabtu 28 Mei 2016.

Percepatan SPA tersebut supaya masyarakat tenang dalam ibadah Ramadan karena stok beras sudah ada di rumah. Dia menambahkan, sampai sekarang untuk bulan Juni percepatan rastra baru 28 persen.

"Di sejumlah daerah saat ini sudah menyalurkan rastra Juni dan selanjutnya pada Juni juga disalurkan rastra untuk Juli, sehingga percepatan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok berupa beras," kata dia.

Kepala Bulog Sub Divre XI Jember, Khozin mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan rastra  Juni sejak Kamis 26 Mei di 31 kecamatan secara bertahap.

"Kami melakukan percepatan distribusi rastra untuk menghadapi momentum Ramadan dan Lebaran, sehingga alokasi Juni disalurkan pada Mei dan setelah selesai akan dilanjutkan penyaluran Juli 2016," kata Khozin.

Ia berharap seluruh penerima rumah tangga sasaran akan mendapatkan rastra alokasi Juni dan Juli 2016 sebelum Hari Raya Idul Fitri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini