Sukses

Ahok Resmikan Portal Ramah Disabilitas di Trotoar RSCM

Ahok menyayangkan adanya sejumlah pihak yang mengeluh dengan pelebaran trotoar, yang dianggap mempersempit ruas jalan kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok merencanakan Gerakan Aksebilitas Umum Nasional (GAUN) dan meresmikan portal S ramah disabilitas di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Acara itu digelar persis di trotoar halaman RSCM dengan tenda sederhana.

Dengan mengenakan batik cokelat dan celana hitam, pria yang akrab disapa Ahok itu menyampaikan apresiasinya di depan para tokoh dan penyandang disabilitas yang hadir. Sang gubernur juga ditemani oleh penerjemah bahasa isyarat dari RSCM, guna mempermudah para penyandang disabilitas memahami sambutan sang gubernur.

‎Ahok mengatakan, pencanangan sekaligus peresmian portal S di jalur pedestrian RSCM itu merupakan langkah yang sangat tepat. Menurut dia, Pemprov DKI memang sudah berencana untuk membuat nyaman para penyandang disabilitas saat berada di trotoar.

"Ini kerja baik dari PU (Pekerjaan Umum) dan Perhubungan. Bisa lihat kan. PNS juga ada yang baik. Kami mulai seperti ini di tempat yang kelebihan jalur. Kami sudah mencanangkan, jalan-jalan yang kelebihan jalur akan dijadikan jalur pedestrian," tutur Ahok di RSCM, Jalan Diponegoro, Salemba, Jakarta Timur, Sabtu (28/5/2016).


Dengan jalur ini, Ahok menyayangkan adanya sejumlah pihak yang mengeluh dengan pelebaran trotoar, yang dianggap mempersempit ruas jalan kendaraan bermotor.

"Ada orang bilang kenapa jalan udah sempit malah dibikin tambah sempit. Sebenarnya kami malah mau buat jalurnya konsisten. Kalau 4 jalur tiba-tiba ke 3, malah padat nanti. Kalau 3 yah 3 terus," terang Ahok.

Mantan politikus Partai Gerindra itu menyatakan, selain kenyamanan penyandang disabilitas di trotoar, Pemprov DKI saat ini juga akan menunjang aktivitas mereka di taman-taman Kota Jakarta. Dia juga akan membuat ubin pemandu di setiap trotoar dan taman.

"Toilet sudah mulai. Saat ini taman hampir semua toiletnya pintunya kecil. Kalau pakai pintu begitu, yang pake kursi roda emang nggak stres? Juga buat taman itu untuk disabilitas harus lengkap. Harus ada ubin pemandu," jelas dia.

Ahok berharap, perusahaan yang bergerak di bidang industri logam, membuat desain portal S untuk kepentingan disabilitas. Dengan begitu, Pemprov DKI dapat dengan mudah menganggarkan fasilitas tersebut dan segera menanam portal-portal itu di sejumlah jalur pedestrian.

"Kami berharap masukan dari bapak ibu. Saya harap industri stenlis juga sudah mulai membuat portal S ini. Nanti kita masukan dalam E katalog," pungkas Ahok.

Usai memberikan sambutan, Ahok menuju portal S yang sudah terpasang di trotoar, tepat di samping pagar pintu masuk RSCM. Dia pun diminta menggunting untaian tali berhiaskan bunga yang melilit jalur masuk portal ramah disabilitas itu sebagai peresmian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini