Sukses

Kursi Menteri Ini Berpeluang 'Direbut' Golkar

Saat ini Golkar memiliki peran besar dalam sistem pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Isu perombakan atau reshuffle kabinet jilid II semakin memanas setelah Partai Golkar mengumumkan bergabung dengan pemerintah. Tradisi memberikan jatah pada partai politik pun sulit dihindari.

Terlebih Golkar memiliki peran besar dalam sistem pemerintahan. Saat ini Golkar memegang jabatan ketua DPR dan ketua badan anggaran (banggar). Dengan peran sebesar itu, setidaknya Jokowi memberikan jatah 2 kursi menteri untuk partai beringin itu.

"Kalau lebih (2 kursi), akan menyakitkan partai lain yang sudah berkeringat dari awal," kata  Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya ketika dihubungi, Jumat (27/5/2016).

Biasanya, kata Yunarto, Golkar mendapat kursi Menteri Perindustrian. "Tapi saya tidak tahu apakah tradisi itu akan berlanjut atau tidak," ujar dia.

Selain itu, Golkar juga bisa merebut kursi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang saat ini dipegang oleh PKB. Sebab basis utama Golkar ada di pedesaan.

Namun, jika melepas Kementerian Desa ke Golkar, dikhawatirkan terjadi politisasi yang semakin besar di kementerian itu.

"Akan aman bagi Jokowi mempertahankan sekarang," tutup Yunarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Golkar