Sukses

PT Sido Muncul Raih Liputan 6 Awards 2016 untuk Peduli Lingkungan

PT Sido Muncul menggalakkan program memilah sampah dan berupaya mengajak masyarakat mulai menjalankan program itu dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sido Muncul mendapatkan penghargaan dari Liputan6 Awards 2016 SCTV. Perusahaan itu meraih penghargaan khusus kategori Peduli Lingkungan dengan dengan gerakan yang dicetusnya, yakni Gerakan Tolak Kantong Plastik dan Sampah Jadi Emas.

Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan, ini merupakan pertama kalinya penghargaan diberikan kepada sebuah korporasi. Penghargaan itu merupakan bentuk nyata bahwa dalam menjalankan bisnisnya, PT Sido Muncul memang mengutamakan pentingnya kelestarian lingkungan.

"Penghargaan ini diberikan pertama kali terhadap sebuah korporasi. Kami menyadari betapa pentingnya untuk menjaga kelestarian lingkungan di dalam menjalankan bisnis kami," tutur Irwan di Studio 6 Emtek City, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (26/5/2016) malam.

Dia melanjutkan, saat pemerintah gencar mengampanyekan program plastik berbayar, pihaknya sangat mendukung dan langsung membuat Gerakan Tolak Linu Kantong Plastik. Namun, pada akhirnya dia menyadari bahwa program itu masih kurang efektif dalam menanggulangi menjamurnya penggunaan kantong plastik.

"Pada akhirnya kami menyadari bahwa program plastik berbayar tidak akan menyelesaikan masalah. Karena di Indonesia ini ada 300 ribu ton sampah setiap hari. 30 ribu ton sampah plastik dan yang bisa dikumpulkan oleh para pemulung jumlahnya hanya 10 ribu ton. Ada 20 ribu ton yang hanyut merusak lingkungan," dia menerangkan.

Berkaca dari hal tersebut, PT Sido Muncul pun menggalakkan program memilah sampah. Pihaknya berupaya mengajak masyarakat untuk mulai menjalankan program itu dari rumahnya masing-masing.

"Dengan cara begitu kami berharap akan dapat meringankan beban lingkungan. Karena dengan begitu jumlah sampah yang dapat didaur ulang akan lebih banyak lagi. Dan dengan begitu masyarakat dapat membantu para pemulung untuk dapat nafkah yang lebih baik," Irwan menjelaskan.

Dia pun menyatakan, penghargaan Liputan 6 Awards 2016 yang diberikan kepada perusahaanya akan menjadi cambuk bagi upaya pelestarian lingkungan.

"Liputan 6 Awards ini membuat dan mendorong kami untuk tetap konsisten dalam melakukan tugas-tugas kami dalam menjaga lingkungan," Irwan memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini