Sukses

BNN Temukan 2 Narkoba Jenis Baru Mematikan

Efek samping akibat dua zat narkotika jenis baru ini menyebabkan kematian.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali mengidentifikasi zat narkotika jenis baru atau New Psychoactive Substances (NPS). Dua NPS yang berhasil diidentifikasi BNN yaitu ADB-Fubinaca dan ADB-Chminaca.

Seperti keterangan tertulis yang diterima dari BNN, Kamis (26/5/2016), berdasarkan hasil pemeriksaan balai laboratorium BNN, kedua zat ini merupakan narkotika jenis cannabinoids synthetic.


Efek samping yang pernah dilaporkan dari zat ADB-Fubinaca adalah kematian, karena aterial thrombosis yang berkaitan dengan ADB-Fubinaca.

Begitu pula dengan efek samping dari ADB-Chminaca, dilaporkan adanya beberapa kematian dan kedaruratan terkait zat tersebut.

Dua zat narkoba jenis baru ini menambah jumlah NPS yang sudah teridentifikasi di Indonesia, yakni sebanyak 43 NPS. Namun, baru 18 di antaranya yang telah diregulasi dengan Permenkes Nomor 13 Tahun 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.