Sukses

Menag Gelar Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadan 5 Juni

Jika petugas melihat hilal, maka dengan sendirinya sidang Isbat akan memutuskan awal Ramadan jatuh pada Senin 6 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama akan segera menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal puasa Ramadan 1437 Hijriah. Sidang dijadwalkan berlangsung pada 5 Juni 2016.

"Kami akan mengundang para ulama, pimpinan ormas Islam dan pakar ilmu Falak untuk menghadiri sidang Isbat yang dilakukan pada 5 Juni sore," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Ambon, Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Rabu 25 Mei 2016.

Dia menjelaskan, sidang Isbat akan dilakukan setelah salat Magrib dan berlangsung tertutup di kantor Kementerian Agama.

Kementerian Agama akan mendengar laporan dari petugas Kemenag yang disebar di sejumlah titik di wilayah Indonesia untuk melakukan pengamatan Hilal.

Jika petugas melihat hilal, maka dengan sendirinya sidang Isbat akan memutuskan awal Ramadan jatuh pada Senin 6 Mei 2016. Tapi bila sebaliknya petugas tidak melihat Hilal, maka awal Ramadan jatuh pada Selasa 7 Mei 2016.

"Jika petugas kita tidak melihat Hilal maka kita akan istimalkan Bulan Syaban menjadi 30 hari, sehingga awal Ramadan jatuh pada Selasa nanti," kata Menag Lukman, seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/5/2016).

Lukman berharap penentuan awal Ramadan 1437 Hijriah dapat berjalan lancar dan tidak terjadi perbedaan atau perdebatan oleh organisasi-organisasi Islam di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini