Sukses

VIDEO: Berenang Bareng Kawanan Hiu Tutul di Papua

Meski hiu tutul diklaim aman dan ramah kepada manusia, rasa takut tetap muncul berada di dekatnya.

Liputan6.com, Kaimana - Bila Anda berkunjung ke Kabupaten Kaimana, Papua barat, jangan lewatkan wisata air. Tempat ini bisa dicapai dari Pelabuhan Kaimana menggunakan speed boat sekitar 45 menit, menuju bagan yang selalu dihampiri oleh kawanan hiu tutul.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (25/5/2016), hiu tutul sebenarnya masuk dalam golongan hiu paus atau whale shark.

Jenis hiu tutul adalah jenis yang tidak buas. Hiu ini makan dengan menyaring air laut, seperti plankton, larva kepiting pantai, cumi-cumi kecil hingga ikan-ikan kecil.

Meski diklaim aman dan ramah kepada manusia, rasa takut tetap muncul saat dekat dengan hiu tutul. Bagaimana tidak? hiu tutul atau hiu paus tersebut yang berukuran sangat besar dengan panjang rata-rata 9,7 meter dan berat 9 ton.

Hiu tutul memang selama ini dikenal ramah terhadap manusia. Pengunjung dengan mudah bisa berenang bersama hiu. Hamun hati-hati dengan kulit hiu tutul yang agak tajam, agar tak melukai tubuh.

Hiu tutul menurut badan konservasi dunia digolongkan sebagai spesies dengan status rentan. Sejumlah negara di dunia, seperti Filipina, India, Taiwan, dan Maladewa telah melarang penangkapan, perburuan dan perdagangan hiu tutul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.