Sukses

Awan Hitam Berpotensi Timbulkan Puting Beliung

Awan hitam pekat yang biasa muncul menjelang hujan bisa berpotensi menimbulkan angin puting beliung dengan kecepatan di atas 40 kilometer per jam.

Liputan6.com, Malang: Awan hitam pekat yang biasa muncul menjelang hujan paut diwaspadai. Selain pertanda akan turun hujan, awan hitam juga berpotensi menimbulkan bencana alam seperti angin puting beliung.

Amat Subekti, Kepala Stasiun Klimatologi BMGK Karangploso, Malang, Jawa Timur, kepada SCTV, Rabu (18/11), menjelaskan, terciptanya angin puting beliung juga dipengaruhi tekanan angin berkecepatan tinggi. Selain itu, awan yang berada dalam posisi rendah juga bisa mempercepat terjadinya puting beliung.

Menurut Amat, puting beliung hampir selalu terjadi pada siang hingga petang hari dengan kecepatan angin di atas 40 kilometer per jam. Puting beliung akan terus bergerak antara radius lima hingga 10 kilometer.

Di musim hujan ini, potensi datangnya puting beliung perlu diwaspadai. Seperti di Kecamatan Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, hujan yang turun Ahad lalu disertai puting beliung. Akibatnya, bangunan Sekolah Dasar Inpres Longgo, sebuah rumah dinas, dan delapan ruang MCK hancur. Bahkan, separuh atap sekolah ini menjadi terbuka setelah diterjang puting beliung. Kondisi ini menyebabkan 191 pelajar terpaksa belajar tanpa atap.(BOG/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.