Sukses

Megawati Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Unpad Pagi Ini

Pola pemikiran, kepemimpinan, dan konsistensi Megawati dalam ilmu politik dan pemerintahan dinilai menginspirasi generasi berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjajaran (Unpad), hari ini, Rabu (25/5/2016). Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mendapat gelar Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintah. Gelar tersebut diserahkan langsung di Unpad, Bandung, Jawa Barat.

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad menjelaskan, pemberian gelar tersebut berdasarkan dua landasan.

"Pertama, Unpad memperhatikan aspek akademik yang ada pada beliau yang menonjol, yakni unsur leadership-nya. Dan hal tersebut mempunyai korelasi dengan ilmu sosial dan politik di Unpad. Kami memerlukan produk pemikiran beliau untuk implementasi dalam tataran akademis," kata Tri Hanggono di Bandung, seperti dikutip dari Antara, Selasa 24 Mei 2016.
 

 
Landasan kedua yakni Unpad memiliki hubungan emosional dengan putri proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut. Hal itu karena Megawati adalah alumnus Jurusan Pertanian Unpad pada 1965.

Dalam situs resmi Unpad, unpad.ac.id, disebutkan, berbagai pemikiran dan kebijakan yang dihasilkan oleh Megawati dapat memberikan kontribusi berharga bagi kalangan akademik karena memiliki aspek originalitas.

Pola pemikiran, kepemimpinan, serta konsistensi Megawati dalam ilmu politik serta pemerintahan, juga dinilai memberi inspirasi bagi generasi bangsa berikutnya.

"Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad melakukan analisis terhadap pemikiran-pemikiran ibu Megawati, dan menemukan nilai-nilai akademik yang original. Besok dalam pertanggungjawaban akademik akan disampaikan oleh tim promotor. Alasan lain, ada hubungan emosional antara Unpad dengan ibu Megawati," ujar Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini