Sukses

Komentar JK Soal 8 TKI di Korsel Terlibat ISIS

Jokowi telah memanggil Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta Nusron memastikan tidak ada lagi TKI terlibat ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Tercatat 8 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea Selatan diduga menjalin komunikasi dengan kelompok radikal ISIS. Informasi itu muncul setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan lawatan ke Negeri Ginseng beberapa waktu lalu.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah mendengar informasi keterlibatan 8 TKI itu dengan kelompok ISIS. Namun, dia mengatakan tidak masalah dengan hal itu dan bisa mengatasinya setelah para TKI tersebut kembali ke Indonesia.

"Ya nanti pulanglah, dia itu diperbaiki," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Atas informasi ini, Presiden Jokowi telah memanggil Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta Nusron memastikan tidak ada lagi TKI di mana pun berada terlibat ISIS.

 

"Kasarnya saya ditegur agar lebih ketat pembinaan teman-teman TKI di sana. Lebih baik lagi dan jangan sampai terinfiltrasi ikutan gerakan pengajian yang aneh-aneh itu," ujar Nusron usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Delapan TKI diduga terkait ISIS itu telah dideportasi sebulan lalu. Mereka diketahui melakukan komunikasi dengan situs atau akun media sosial yang terkoneksi dengan kelompok radikal tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Indramayu, Jawa Barat dan Pati, Jawa Tengah. Mereka sudah bekerja 3-4 tahun sebelum dideportasi.

Modus yang digunakan ISIS ini berawal dari pengajian-pengajian. Tapi pada perjalanannya, pengajian disisipi materi ajaran radikal.‎ "(Modusnya) ikut pengajian, ketika diwawancarai mau dipulangkan, ditanya setelah ini mau ngapain? Kami mau mati syahid di medan perang yang nyata," pungkas Nusron menirukan ucapan 8 TKI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • ISIS

  • TKI