Sukses

Menlu Retno Upayakan Pemulangan Jenazah WNI dari Uruguay

Ia mengatakan, pihaknya telah memiliki prosedur tetap yang baku ketika menangani kasus-kasus terkait WNI di luar negeri.

Liputan6.com, Bogor - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan pihaknya sedang berupaya untuk memulangkan jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang meninggal di Uruguay.

"Tentunya termasuk dalam kondisi yang bersangkutan meninggal dan sebagainya adalah pemulangan jenazah ke Jakarta," kata Menlu Retno di Istana Kepresidenan Bogor seperti dikutip Antara, Minggu (22/5/2016).

Ia mengatakan, pihaknya telah memiliki prosedur tetap yang baku ketika menangani kasus-kasus terkait WNI di luar negeri.

"Sedang ditangani, kemarin saya sudah sampaikan bahwa dalam hal menangani ada kejadian seperti ini maka kita sudah memiliki satu prosedur tetap yang sangat baku untuk melakukan proteksi dan memperjuangkan hak-hak (warga negara)," kata Menlu.

 

Ia menegaskan bahwa proses pemulangan jenazah WNI dari Uruguay saat ini sedang ditangani oleh jajarannya di Direktorat Perlindungan WNI Kemenlu.

Seorang WNI yakni Faozi Bin Tolib asal Tegal Jawa Tengah yang merupakan anak buah kapal berbendera Tiongkok meninggal dunia saat dalam pelayaran di wilayah laut Uruguay diduga karena serangan jantung.

Faozi meninggal pada 15 Mei 2016 dan keluarga berharap jenazah bisa dipulangkan ke Indonesia. Dia bekerja pada kapal nelayan milik perusahaan Dalian International Cooperation Pelagic Fisheries Co. Ltd asal Tiongkok.

Perusahaan itu beberapa kali meminta izin kepada perusahaan penyalur di Jakarta melalui email untuk bisa melarung jenazah Faozi ke laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.