Sukses

VIDEO: Ribuan Umat Buddha Rayakan Waisak di Borobudur

Dengan penuh khidmat umat Buddha memanjatkan doa-doa kepada sang Buddha agar diberi keberkahan dalam hidup.

Liputan6.com, Magelang - Ribuan umat Buddha berkumpul di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/5/2016) dini hari hingga pagi tadi. Mereka merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2016.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, dengan penuh khidmat umat Buddha memanjatkan doa-doa kepada sang Buddha agar mereka diberi keberkahan dalam hidup.

Tepat pukul 04.14 WIB, lonceng dibunyikan sebanyak tiga kali. Ini sebagai tanda berlangsungnya detik-detik Waisak.

Perayaan Waisak juga digelar umat Buddha di kompleks Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Seluruh umat Buddha yang hadir melakukan ritual pradaksina dengan berjalan mengelilingi kompleks Candi Sewu searah jarum jam. 

Sementara di Jakarta, sekitar tujuh ribu umat Buddha memadati Wihara Ekayana Arama. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama turut hadir dalam perayaan Waisak ini.

Umat Buddha mempersembahkan berbagai hasil bumi yang menggambarkan elemen air, api, tanah dan udara.

Dalam perayaan Waisak ini, umat Buddha diajak untuk menjaga setiap tindakan, ucapan dan pikiran. Sehingga, dapat terwujud kehidupan masyarakat yang damai dan harmonis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.