Sukses

Mensos Ungkap Narkoba Jenis Baru yang Ditemukan di Surabaya

Narkoba itu berasal dari tumbuh-tumbuhan yang mudah ditemukan masyarakat.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengungkap adanya narkoba jenis baru yang ditemukan di Surabaya, Jawa Timur. Narkoba itu berasal dari tumbuh-tumbuhan yang mudah ditemukan masyarakat seperti kecubung.

"Di Surabaya jenis narkoba baru dari kecubung. Cara buatnya seperti kopi. Itu sudah buat orang fly," kata Khofifah saat menghadiri Harlah ke-70 Muslimat Nahdlatul Ulama di Jombang, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2016).

Tak hanya kecubung, zat narkoba juga ditemukan di jamur dari kotoran kerbau serta bunga kangkung. "Ini sekarang sedang diteliti," ujar Khofifah.

Untuk itu, kata dia, perlu ada gerakan masyarakat untuk memberantas narkoba. Sebab, jika mengandalkan Badan Narkotika Nasional (BNN) saja tidak cukup.

Hal ini dia katakan ketika melantik Laskar Anti-Narkoba Muslimat NU di Jombang. Ini adalah pelantikan pertama Laskar Anti-Narkoba yang rencananya akan diadakan di semua cabang NU di seluruh Indonesia.

Narkoba, kata Khofifah, sudah dikategorikan sebagai bencana kemanusiaan. Setiap bulan, ada 2.000 pengedar narkoba yang masuk penjara, karena industri narkoba sangat menggiurkan.

"Dari 2014 sudah tembus Rp 63 triliun (penjualan narkoba)," kata Ketua Muslimat NU tersebut. Sebanyak 30 persen pecandu baru narkoba, lanjut Khofifah, dipengaruhi oleh pecandu lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.