Sukses

Yuk Berkunjung ke Istana Bogor, Dibuka untuk Umum Selama 5 Hari

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Bogor dan bertujuan mendukung sektor pariwisata di Kota Hujan.

Liputan6.com, Bogor - Menyambut Hari Jadi ke-534 Kota Bogor, Pemerintah Kota Bogor menggelar Istana Open atau kini disebut Istana untuk Rakyat (Istura).

Bagi masyarakat yang ingin melihat Istana dari dekat, bisa langsung mendaftar karena Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, telah membuka pendaftaran.

"Istura dibuka untuk umum dari tanggal 28 Mei hingga 1 Juni," kata Kepala Disbudparekraf Sahlan Rasyidi di Bogor, Sabtu (21/5/2016).

Menurut dia, panitia telah membuka pendaftaran sehingga masyarakat bisa langsung mendaftar ke Kantor Disbudparekraf atau Gedung Kemuning Gading, selama jam kerja yakni mulai dari pukul 09.00-15.00 WIB.

"Bisa juga menghubungi panitia penyelenggara ke nomor 081293750440 atau 085775522635," kata dia.


Sahlan menjelaskan, setiap pendaftar harus memilih jadwal hari dan jam kunjungan yang akan diikuti serta menyebutkan jumlah pesertanya. Saat memasuki Istana peserta dilarang membawa barang bawaan tas atau makanan, tidak menggunakan kaus, sandal jepit, celana jeans, dan dilarang membawa kamera atau mengambil gambar Istana.

"Peserta tidak dibatasi dan tidak dipungut biaya," kata Sahlan.

Sahlan menyebutkan, hingga memasuki hari ketiga, sudah lebih dari 1.000 orang yang mendaftarkan untuk mengunjungi Istana Bogor.

Ia mengatakan, Istura menjadi agenda tahunan untuk memeriahkan Hari Jadi Bogor, yang bertujuan untuk mendukung sektor pariwisata di Kota Hujan.

"Tidak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mengenalkan Istana Kepresidenan dan menambah wawasan masyarakat," jelas dia.

Setiap kelompok peserta akan dipandu oleh panitia, dan di Istana Bogor pengunjung diberi waktu selama 30 menit untuk mengelilingi Istana, sambil diberikan penjelasan oleh petugas Istana terkait sejarah yang ada di dalamnya.

"Setelah berkeliling Istana, pengunjung diarahkan ke sejumlah museum yang ada di kawasan Kebun Raya Bogor," ujar Sahlan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.