Sukses

Penyelenggaraan Ibadah Haji 2016

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan penurunan biaya naik haji tak akan mengurangi performa pelayanan Kementrian Agama (Kemenag).

Liputan6.com, Jakarta Secara keseluruhan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2016 sudah mencapai 90%. Meskipun kuota tahun ini tidak ada peningkatan, namun terjadi penurunan biaya haji sebesar US$ 132. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan penurunan biaya naik haji tak akan mengurangi performa pelayanan Kementrian Agama (Kemenag) terhadap para jemaah. Fasilitas yang akan ditingkatkan diantaranya mulai dari jatah makan, sarana transportasi serta penginapan yang lebih baik.

Bila dilihat 5 tahun terakhir biaya naik haji terjadi penurunan setiap tahunnya. Hal ini disebabkan jemaah haji membayar biaya naik haji berdasarkan dinamika kurs dolar Amerika Serikat, tapi untuk tahun ini Presiden sudah menetapkan nilai biaya naik haji dalam rupiah. Persoalan lain dalam pelayanan haji nasional adalah penambahan kuota. Tahun ini kuota haji masih sama seperti tahun kemarin, bahkan sama sejak tahun 2013. Seluruh provinsi meminta penambahan kuota jemaah haji akibat tingginya animo masyarakat dalam melaksanakan ibadah haji.

Info selengkapnya mengenai penyelenggaraan dan perkembangan ibadah haji dapat dilihat pada infografis di bawah ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.