Sukses

Hasto PDIP: Nilai Pendidikan Perlu Diluruskan Agar...

Hasto menyatakan nilai-nilai dasar yang diajarkan sangat relevan untuk kembali pada pemikiran Ki Hajar Dewantara,

Liputan6.com, Yogyakarta - PDIP mendukung sepenuhnya upaya menggelorakan kembali mutiara pemikiran Ki Hajar Dewantara. Dalam pemikirannya, Ki Hajar Dewantara menekankan tentang pendidikan budi pekerti, pendidikan yang menyatu dengan kehidupan dan perikehidupan bangsa.

Demikian disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat menyampaikan Pidato Kebudayaan dalam acara 'Seminar Nasional Revolusi Mental, Nawa Cita dan Pendidikan Karakter' di Aula Gedung Persatuan Taman Siswa Yogyakarta, Kamis (19/05/2016).

"Pokok dari apa yang diajarkan Ki Hajar Dewantara adalah pendidikan agar manusia Indonesia merdeka batinnya, merdeka pikirannya, dan merdeka tenaganya untuk rakyat Indonesia," kata Hasto, Kamis (20/5/2016). 

Hasto yang juga menjadi pembina kepanitiaan Hardiknas di Taman Siswa mengungkapkan, Taman Siswa yang didirikan Ki Hajar Dewantara mengajarkan kebutuhan dimensi pengajaran yang mempertinggi kebudayaan siswa. Sehingga siswa dapat memperoleh ilmu hidup batin, ilmu jasmani, ilmu kesopanan, ilmu estetika, dan ilmu pengetahuan.

 

Dengan keseluruhan mutiara pemikiran Ki Hajar Dewantara tersebut, kata Hasto, nampak betapa krisis keteladanan yang terjadi saat ini akibat pendidikan nasional kurang menjiwai keseluruhan nilai-nilai penghidupan yang meningkatkan pengabdian pada bangsa dan negara Indonesia.

"PDIP terus memberikan dukungan agar konsepsi pendidikan yang berkebudayaan tersebut dikembangkan kembali. Medium pendidikan boleh berubah, namun nilai-nilai dasar yang diajarkan sangat relevan untuk kembali pada pemikiran Ki Hajar Dewantara," ujarnya.

Di momentum Hardiknas kali ini, Hasto menjanjikan bahwa PDI Perjuangan akan mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk memberikan perhatian pada pengembangan Taman Siswa sebagai pelopor pendidikan nasional yang melekat dengan nilai-nilai kebangsaan, kebudayaan, dan kerakyatan.

"Bangsa yang besar, seperti Indonesia harus kembali ke mutiara nilai pendidikan seperti cita-cita Ki Hajar Dewantara. Kita perlu meluruskan nilai-nilai pendidikan yang kini tergerus pragmatisme," ucap Hasto.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mendukung Pemerintah untuk meneguhkan kembali sistem pendidikan berbasis kebudayaan berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

"Ajaran Ki Hajar Dewantara selaras dengan Ajaran Bung Karno, dimana dengan pendidikan yang baik bagi rakyat akan memudahkan jalan bagi terwujudnya Tri Sakti. Menjadi tugas Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana ajaran Ki Hajar Dewantoro dan Bung Karno", ujar Politisi Muda PDIP tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini