Sukses

2 Kandidat Pengganti Setya Novanto Jadi Ketua Fraksi Golkar

Setelah terpilih menjadi Ketua Umum Golkar, Setya Novanto mundur dari jabatannya sebagai Ketua Fraksi.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah terpilih menjadi Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto mundur dari jabatannya sebagai Ketua Fraksi. Saat ini ada 2 nama yang digadang-gadang bakal menggantikan Setnov.

Mereka adalah Roem Kono dan Aziz Syamsudin. "Kalau bicara mereka, semua adalah kader yang punya pengalaman. Tetapi, pertimbangan-pertimbangannya dari Ketua Umum terpilih," ucap Wakil Ketua Fraksi Golkar Firman Soebagyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Firman juga memastikan setelah terpilihnya Setya Novanto sebagai ketum, jabatan Ketua DPR tetap diberikan kepada Ade Komarudin. Hal ini sesuai pembicaraan antara Setya Novanto dan Aburizal Bakrie atau Ical.


"Pembicaraan dengan Pak Setya Novanto dan Pak Ical, Ketua DPR tetap dipegang Pak Ade Komarudin dan ketua fraksi serta yang lain, tergantung ketua umum. Itu yang menjadi kesepakatan," ungkap Firman.

Karena itu, dia berharap, kesepakatan tersebut menjadi proses demokrasi di Golkar yang berjalan dengan baik.

"Harapan kami kesepakatan ini jadi pembelajaran. Memang itu proses demokrasi Golkar, ada pengertian ini semua mengedepankan kepentingan partai," pungkas Firman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.