Sukses

Warga Seram Kampanyekan "Cinta Lingkungan"

Ratusan warga Seram Barat, Maluku, turun ke jalan untuk mengampanyekan "cinta lingkungan". Di Aceh Besar, polisi merazia praktik pembalakan liar.

Liputan6.com, Seram Barat: Ratusan warga Seram Barat, Maluku, Sabtu (14/11), turun ke jalan untuk mengampanyekan "cinta lingkungan". Mereka juga menyerukan untuk merehabilitasi hutan lindung dan hutan produksi yang rusak.

Bupati Seram Bagian Barat Yakobus Pitilehalat menyatakan, ratusan hektare hutan rusak akibat penebangan liar dan pembakaran. Dan dalam waktu dekat, Pemkab Seram Bagian Barat merehabilitasi hutan yang rusak itu.

Data Dinas Kehutanan Provinsi Maluku menyebutkan, luas hutan di wilayah ini mencapai lebih dari empat juta hektare. Sayangnya separuh dari hutan itu sudah rusak.

Perusakan hutan juga terpantau di Kabupaten Aceh Besar. Kepolisian Daerah Nanggroe Aceh Darussalam merazia praktik pembalakan liar di kawasan hutan Jantho. Aparat menggerebek pondok-pondok penginapan dan menyita peralatan pelaku penebangan liar. Puluhan meter kubik kayu siap olah juga ditemukan.

Sayang, barang bukti yang ditemukan tak disita. Pelaku yang tertangkap juga hanya diberi peringatan. Polisi hanya menyita sejumlah peralatan penebangan liar. Saksikan selengkapnya video berikut.(AIS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini