Sukses

Hidupkan Kembali Museum di Indonesia

Sejak tahun 1978, tanggal 18 Mei diperingati seluruh dunia sebagai Hari Museum.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah anda bahwa hari ini adalah Hari Museum Internasional? Sejak tahun 1978, tanggal 18 Mei diperingati seluruh dunia sebagai Hari Museum. Tujuan dibentuknya peringatan ini adalah untuk lebih menarik perhatian masyarakat pada aktifitas museum, menjadikan museum sebagai alat pertukaran dan pemeliharaan budaya, dan menciptakan perdamaian masyarakat dunia. Perayaan Hari Museum Internasional diadakan oleh International Council of Museums (ICOM) atau Dewan Museum Internasional. Setiap tahunnya Hari Museum memiliki tema yang berbeda-beda, seperti pada tahun ini mengusung tema “Museums and Cultural Landscapes” (Museum dan Kebudayaan Landscape). Tema tersebut akan didiskusikan dalam acara Hari Museum Internasional oleh komunitas ICOM.

Indonesia juga patut merayakan Hari Museum Internasional, karena perayaan ini untuk seluruh dunia. Museum-museum Indonesia tak kalah menarik. Museum di setiap provinsi pasti memiliki keunikan masing-masing. Semoga museum-museum di Indonesia bisa kembali eksis.

Informasi seputar museum-museum di Indonesia diantaranya bisa dilihat pada infografis berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.