Sukses

Jokowi dan Budaya Palli-palli Korea Selatan

Apa hubungan Jokowi dan budaya palli-palli dari Korea Selatan tempat kelahiran Song Joong Ki dan Lee Min Ho?

Liputan6.com, Seoul - Presiden Jokowi mengikuti kegiatan Morning Tea bersama 450 pengusaha Korea Selatan, di Hotel Lotte, Seoul. Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan John Prasetio mengatakan Jokowi memiliki etos kerja yang sama dengan masyarakat Negeri Ginseng tersebut.

"Jokowi mengaplikasikan budaya palli-palli atau cepat-cepat, budaya kerja, kerja, dan kerja yang dilakukan oleh pemerintahan Indonesia," kata John, di Seoul, Senin (16/5/2016).

"Saya percaya dia sangat fokus dalam mengendalikan pemerintah untuk bekerja lebih keras lebih cepat dan lebih berorientasi pada hasil," kata dia.

Palli-palli sendiri merupakan sebuah budaya yang kental di Korea Selatan. Semua penduduk di Korea Selatan diharuskan untuk bekerja dengan cepat. Hal yang sama diterapkan Presiden Jokowi.

Sejak Jokowi menjabat sebagai presiden, kata John, terdapat tiga pertanyaan besar di benak pengusaha asal Negeri Ginseng itu. Pertanyaan tersebut, yakni apa yang sedang dilakukan Indonesia, apa agenda reformasi Jokowi akan berhasil, dan terkait kestabilan politik Indonesia.

Dia pun menjelaskan tentang paket-paket kebijakan ekonomi yang sudah diterbitkan oleh Presiden Jokowi. Tidak lupa, ia menyampaikan soal percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Indonesia.

"Survei yang dilakukan oleh satu lembaga konsultan memperlihatkan 81 persen peningkatan perdagangan di pemerintahan Presiden Jokowi dan itu adalah tingkat tertinggi sejak Indonesia mengadopsi sistem politik demokrasi," ucap John.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi juga menyampaikan pidato kunci dan mengajak para pengusaha untuk berinvestasi ke Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini