Sukses

JK: Golkar Dukung Pemerintah Tak Berarti Masuk Kabinet

Para calon ketua umum (caketum) Partai Golkar telah sepakat untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Para calon ketua umum (caketum) Partai Golkar telah sepakat untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK. Meski begitu, kader Partai Golkar belum tentu bergabung dalam kabinet Jokowi-JK.

"Ya itu tentu masalah lain lagi. Yang paling penting adalah Golkar artinya mendukung pemerintah. Mendukung tidak berarti harus selalu masuk langsung. Ya masuk langsung juga bisa," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK di rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/5/2016).

JK mengatakan, Golkar punya cara tersendiri dalam mendukung pemerintah. Partai bersimbol pohon beringin itu juga tidak akan segan mengkritik pemerintah jika dianggap salah dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Ya dukung pemerintah selama programnya bagus ya mendukung. Kalau tidak prorakyat maka Golkar akan mengkritisi," tegas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan semua calon ketua umum sudah sepakat untuk mendukung penuh pemerintahan Jokowi-JK. Atas dukungan itu, Presiden Jokowi menilai pemerintah dapat bergerak lebih cepat dengan dukungan Partai Golkar.

"Sekali lagi tentu saja dengan stabilitas politik seperti itu, kita akan satu bisa gerak lebih cepat lagi," kata Jokowi saat membuka Munaslub Golkar di Nusa Dua, Bali, Sabtu 14 Mei 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • JK

  • Golkar