Sukses

Presiden Jokowi Bertolak ke Korea Selatan

Jokowi dan rombongan akan berangkat hari ini dan diperkirakan tiba di ibu kota Seoul pada sore hari waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea Selatan. Ia dan rombongan akan berangkat hari ini dan diperkirakan tiba di ibu kota Seoul pada sore hari waktu setempat.

Berdasarkan agenda yang diterima Liputan6.com, Minggu (15/5/2016), Presiden akan lepas landas dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, menggunakan Pesawat Indonesia 1, pukul 09.00 Wita. Jokowi akan mendarat di Seoul Air Base pukul 17.00 waktu setempat.

Jokowi nantinya akan disambut oleh Menteri Olahraga Korea Selatan Kim Jong-deok, Dubes Korea Selatan untuk Indonesia Taiyoung Cho, dan Dubes Indonesia untuk Korea Selatan John Prasetyo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan menginap di Hotel Lotte. Malam harinya, ia akan bertemu dengan WNI yang bermukim di Negeri Ginseng itu. Esok hari, Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Park Geun-hye.

 

Kunjungan kerja ke Korsel itu merupakan jawaban atas undangan yang dikirim langsung oleh Presiden Park Guen-Hye. Direktur Asia Timur dan Pasifik Kemlu, Edi Yusup mengatakan tidak hanya melakukan pertemuan antarpemerintah, Jokowi juga akan bertatap muka dengan komunitas bisnis di Korsel.

"Ada business forum dengan 100 pengusaha Korea dan Indonesia. Yang datang dalam pertemuan itu adalah para CEO," jelas Edi Yusup di kantor Kemlu, Kamis 12 Mei 2016.

Lawatan ke Korsel ini dinilai sangat penting. Sebab, negara tersebut merupakan mitra strategis Indonesia.

"Korsel adalah mitra perdagangan keenam untuk ekspor kita. Sementara untuk impor ada di urutan keempat. Lebih dari 2.200 perusahaan menanamkan modalnya ke indonesia," kata Edi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.