Sukses

Negara Asia Pasifik Kembali Bersua di APEC

APEC mencoba mempersatukan 21 negara anggotanya dalam kebijakan liberalisasi perdagangan dan penanaman modal. Indonesia sebagai salah satu negara anggota turut dalam pertemuan di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 21 kepala negara Asia Pasifik setiap tahun berkumpul bersama. Mereka dipotret dalam kostum nasional seperti yang dilakukan tahun lalu di Lima, Peru. Tahun ini mereka akan bertemu di Singapura.

Para kepala negara itu, bernaung dibawah payung kerja sama ekonomi Asia Pasifik atau APEC. Forum ini membahas upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi lewat perdagangan global.

Forum ini berawal dari pertemuan tingkat menteri pada 1989. Kemudian pada 1994, lahirlah kesepakatan baru melalui pertemuan tingkat presiden di Bogor, Jawa Barat.

Meski tak mengikat, APEC banyak menghasilkan arah formulasi kebijakan. Tujuannya adalah liberalisasi perdagangan dan investasi bagi negara ekonomi maju sebelum 2010 dan negara ekonomi berkembang pada 2020. Forum ini menjadi penting lantaran kekuatan ekonomi di kawasan Asia. Selengkapnya simak video berita ini.(IRN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini