Sukses

Sisa Demo HMI Kemarin, Sebagian Huruf pada Logo KPK Dicopot

Aksi massa HMI yang memprotes pernyataan salah satu pimpinan KPK Saut Situmorang berjalan ricuh.

Liputan6.com, Jakarta - Gedung KPK, Jakarta dikepung ratusan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada Senin 9 Mei 2016 kemarin. Aksi massa yang memprotes pernyataan salah satu pimpinan KPK Saut Situmorang sempat berjalan ricuh.

Demonstrasi HMI tersebut menyisakan sejumlah kerusakan. Salah satunya terlihat di depan gedung KPK. Beberapa huruf pada logo yang berada di depan gedung KPK dicopot.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (10/5/2016) di gedung KPK, Jakarta, huruf K,O,M, dan I pada kata 'Komisi' menghilang. Sedangkan pada kata 'Korupsi', huruf U,P,S,I juga hilang. Yang masih utuh pada kata 'Pemberantasan' saja.

Selain itu, bekas-bekas cat semprot yang sempat melekat dan menodai segala penjuru dinding gedung itu sudah dihapus.

Pelaksana Harian Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriarti membenarkan, huruf pada logo KPK itu lepas. Namun, huruf itu tidak diambil oleh massa. Melainkan sudah diamankan oleh jajarannya.

"Huruf-hurufnya sudah diamankan. Sudah dirapikan semalam," ujar Yuyuk saat dikonfirmasi.

Dia mengatakan, KPK masih menghitung kerugian yang dialami akibat demo. "Aku sedang tanyakan taksiran kerugiannya (atas peristiwa kemarin)," ucap Yuyuk.

Pada Senin 9 Mei 2016 kemarin, depan gedung KPK pun terlihat rusak. Pagar dekat parkiran meninggalkan bekas coret-coretan demonstran. Beberapa sisi tembok pun juga dipenuhi coretan cat semprot.

Tak hanya itu, bangku taman serta beberapa marka jalan juga rusak dan dibuang ke gorong-gorong oleh massa HMI. Beberapa tong sampah hancur, tanaman rusak, serta kaca tempat satpam berjaga ikut pecah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini