Sukses

Kronologi Penemuan Jasad Pemancing di Kepulauan Seribu

Penemuan jasad pemancing yang merupakan warga Taman Sari tersebut berkat laporan seorang warga Pulau Panggang, Pulau Seribu, Wawan.

Giokliong (58), wisatawan yang menjadi korban tenggelamnya kapal nelayan saat tengah memancing di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta ditemukan.

Penemuan jasad pemancing yang merupakan warga Taman Sari tersebut berkat laporan seorang warga Pulau Panggang, Wawan. Dia mengaku melihat tubuh terapung di perairan Keramba Siparming, Pulau Karang Lebar.

"Pukul 10.45 WIB, tim gabungan menerima laporan nelayan dari Bapak Wawi warga Pulau Panggang," ujar Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jhon Weynart Hutagalung kepada Liputan6.com melalui pesan singkat di Jakarta, Senin (9/5/2016).

"Lokasi penemuan di perairan Keramba Siparming Pulau Karang Lebar, bahwa ditemukan mayat mengapung dan tim segera ke TKP (tempat kejadian perkaras) untuk mengevakuasi korban," sambung dia.

Dia menjelaskan, lokasi penyisiran korban dimulai dari Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Air, Pulau Semak Daun, Pulau Karang Beras. Lalu Pulau Keramba Siparming Karang Lebar dan Pulau Karang Kering Cete.

Sebelum jasad korban ditemukan, tim gabungan terlebih dulu menemukan gulungan kayu senar pancing yang diduga kuat mirip dengan kepunyaan 5 korban lain yang sudah ditemukan.

"Pukul 09.48 WIB ditemukan gulungan kayu senar pancing yang diduga berasal dari kapal yang tenggelam," ujar Jhon.

Kapal Tenggelam

Dia mengatakan, jasad Giokliong disemayamkan di RSUD Pulau Pramuka untuk menjalani proses identifikasi sesuai standar prosedur operasi (SOP) penemuan mayat. Setelah itu jasadnya akan dibawa ke RS Cipto Mangunkusumo untuk proses autopsi.

"Evakuasi korban menggunakan kapal tim SAR gabungan dan diarahkan ke RSUD Pramuka untuk diidentifikasi dan segera dibawa ke darat untuk di visum et repertum dan otopsi di RSCM," ucap Jhon.

Sebuah kapal yang ditumpangi 7 pemancing dan 1 nakhoda tenggelam di 1,5 mil arah barat Pulau Panggang, Kepulauan Seribu pada 7 Mei 2016. Kepolisian setempat langsung mencari dan mengevakuasi para korban di sekitar Pulau Panggang dan Pulau Karya, Kepulauan Seribu, sejak pukul 09.00-10.45 WIB.

Nakhoda dan satu pemancing selamat. Sementara 5 pemancing ditemukan tewas dalam keadaan tubuh terbelit senar pancing. Mereka adalah Doni Marsel (23), Gioksun (47), Fahrul Majid (35), Sonson (45), dan Oki (56) yang merupakan warga Taman Sari, Jakarta Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini