Sukses

VIDEO: Serunya Robot Karya Mahasiswa Jember Bertanding Sepak Bola

Robot-robot ini mampu bergerak cepat sambil menggiring bola dan memasukkannya ke gawang lawan.

Liputan6.com, Jember - Sepak bola adalah olahraga paling populer di dunia. Bagaimana jika sepak bola dimainkan oleh robot? Di Jember, kontes robot pintar yang digelar di gedung olah raga Politeknik Negeri Jember berlangsung seru.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (9/5/2016), puluhan tim dari berbagai kampus perguruan tinggi se-Indonesia turut ambil bagian dalam kontes ini.

Kontes memperlombakan berbagai jenis robot canggih ciptaan mahasiwa. Salah satunya adalah robot tim sepak bola.

Layaknya sebuah tim sepak bola, robot-robot ini mampu bergerak cepat sambil menggiring bola dan memasukkannya ke gawang lawan.

Robot-robot ini dikendalikan melalui program komputer dan digerakkan dengan sensor jarak jauh.

Gelak tawa penonton pun sesekali pecah, karena robot-robot bertenaga baterai ini terkadang saling bertabrakan dan terjungkal saat berebut bola.

Selain robot tim sepak bola, kontes juga memperlombakan jenis robot pintar lainnya, termasuk robot pemadam api dan penari tradisional.

Robot-robot peserta kontes ini dibuat dengan waktu pengerjaan hingga tiga bulan, dengan biaya mencapai Rp 40 hingga Rp 50 juta.

Tentu saja kontes robot ini adalah salah satu prestasi para mahasiswa Indonesia dalam bidang robotik yang kerap menjuarai kontes robot internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.