Sukses

ASDP Merak Prediksi Puncak Arus Balik Liburan Senin Dini Hari Ini

Hingga Minggu tengah malam belum terjadi lonjakan yang signifikan pergerakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Cilegon - Lalu lintas penumpang pada hari terakhir libur panjang pekan ini di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, hingga Minggu tengah malam tadi masih normal. Sejauh ini belum terjadi lonjakan yang signifikan.

"Kami memantau pergerakan penumpang maupun kendaraan (arus balik libur panjang) di enam dermaga masih normal dan arus lalu lintas lancar," ucap Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario S Utomo di Merak, seperti dilansir Antara, Senin (9/5/2016) dini hari.

Ia menjelaskan, arus balik libur panjang melalui penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung hingga kini belum mencapai 100 persen.

Kemungkinan puncak arus balik liburan akan terjadi pada Senin dini hari ini. Sebab sejak Minggu sore hingga tengah malam tadi belum terjadi lonjakan signifikan pergerakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

Bahkan, Mario menambahkan, enam dermaga Pelabuhan Merak tidak terjadi kepadatan maupun penumpukan kendaraan. Saat ini, penyeberangan Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni, Lampung terpantau lancar dengan mengerahkan sebanyak 27 kapal roro (roll on-roll off).

Pergerakan penumpang dan kendaraan belum terlihat dibandingkan sehari sebelumnya penumpang pejalan sebanyak 4.312, penumpang di atas kendaraan 20.613 orang dan total kendaraan 5.114 unit.

"Kami melihat arus balik itu belum terjadi lonjakan penumpang maupun kendaraan," kata Mario.

Samsudin (40), seorang penumpang warga Bandarlampung mengaku dirinya kembali ke Tangerang, Banten, karena pada Senin ini harus bekerja lagi setelah libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi'raj.

Selama ini, arus balik liburan tidak begitu saling berdesakan dibandingkan Hari Raya Idul Fitri. "Kami sejak dari rumah hingga Pelabuhan Merak berjalan lancar," ujar penumpang pejalan kaki itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini