Sukses

Digelar di 14 Kota, Aksi Solidaritas YY Jadi Trending Topic

Di media sosial pun aksi ini menuai dukungan yang luas. Terbukti, sejak Minggu pagi tagar #SolidaritasYY menjadi trending topic.

Liputan6.com, Jakarta - Kekerasan seksual yang dialami Yuyun (14) di Bengkulu telah membentuk ikatan solidaritas yang massif di berbagai daerah. Aksi Solidaritas YY untuk menyuarakan keprihatinan terhadap kasus siswi yang diperkosa dan dibunuh oleh 14 tersangka itu antara lain digelar di 14 kota di Indonesia.

Tak hanya di lapangan, di media sosial pun aksi ini menuai dukungan yang luas. Terbukti, sejak Minggu pagi tagar #SolidaritasYY menjadi trending topic.

Ribuan cuitan ditulis para netizen yang umumnya merupakan ungkapan simpati dan duka untuk Yuyun serta seruan kepada pemerintah agar menetapkan rambu yang lebih tegas bagi para pelaku kekerasan terhadap anak.

Akun Dian Wirya dan Ikos Nomos, misalnya, menuliskan bahwa apa yang dialami Yuyun adalah awal dari perlawanan warga terhadap kekerasan seksual anak.

@yzdianwirya: Dukamu adalah awal bangkitnya perlawanan kami. Doa tertulus kami untukmu, YY #SolidaritasYY

‏@ikosnomos: Untukmu, YY adik kami tercinta, hari ini kami merapatkan barisan utk melawan kekerasan! #SolidaritasYY

 

Selain itu, mayoritas cuitan juga datang dari netizen yang berpartisipasi dalam aksi Solidariras YY di 14 kota secara serentak hari ini.

Minggu pagi, aksi Solidaritas YY juga disuarakan melalui pengumpulan tanda tangan masyarakat, sebagai penegasan bahwa kekerasan seksual telah menjadi salah satu ancaman bangsa saat ini. Pengumpulan tanda tangan ini dilakukan pada kegiatan car free day (CFD) di 14 kota.

Kota-kota tersebut adalah Jakarta (Bundaran Hotel Indonesia), Bandung (CFD Dago), Balikpapan (Lapangan Merdeka), Bengkulu (Pantai Panjang Bengkulu), Gorontalo (Gelanggang Remaja), Palembang (CFD Kambang Iwak Park City), Padang (Tugu Perdamaian Pantai Padang).

Kegiatan ini juga digelar di Palangkaraya (CFD Bundaran Besar), Purwakarta (Situ Buleud), Kendari (Lapangan MTQ), Kupang (Lapangan Bola Kecamatan Kupang Barat), Kuningan (Jalan Siliwangi), Makassar (CFD Sudirman), dan Mamuju (Anjungan Pantai Manakara).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini