Sukses

Arus Balik Liburan Ramai Lancar, Pengendara Diimbau Tetap Waspada

Lalu lintas di sejumlah jalan tol yang mengarah Jakarta, cenderung ramai lancar pada Minggu dini hari.

Liputan6.com, Jakarta - Para pengemudi arus balik liburan panjang diharapkan dapat menjaga keselamatan berlalu lintas mengingat masih terjadi kepadatan pada sejumlah lokasi di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Sabtu malam hingga Minggu dini hari ini.

Sementara berdasarkan informasi di media sosial Twitter, yang dipantau Liputan6.com, lalu lintas di sejumlah jalan tol yang mengarah Jakarta, cenderung ramai lancar pada Minggu dini hari.

Namun, akun Twitter resmi Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya di Jakarta, @TMCPoldaMetro, menyebutkan lalu lintas Tol JORR atau Jalan Lingkar Luar Jakarta dari Ampera arah ke Pasar Rebo mengalami kepadatan.

Seperti dilansir Antara, Minggu (8/5/2016), hal itu sebagai imbas dari pemasangan gorong-gorong di terowongan Pasar Baru pada jalan tol tersebut.

TMC Polda Metro Jaya juga menginformasikan adanya sejumlah kecelakaan di Ibu Kota pada Sabtu tengah malam dan Minggu dini hari.

Kecelakaan Beruntun

Pertama, kecelakaan beruntun yang melibatkan lima mobil di Kilometer 12,5 Tol Slipi, Jakarta Barat arah Tomang menuju Pluit, Jakarta Utara, malam tadi sekitar pukul 23.40 WIB. Kecelakaan ini dikabarkan sempat menimbulkan kemacetan hingga dua kilometer.

"Kecelakaan 5 mobil di KM 12,500 Tol Slipi (arah ke Pluit) & msh penanganan Polri," tweet@TMCPoldaMetro seperti dikutip Liputan6.com.

TMC juga menulis adanya kecelakaan yang dialami pengendara sepeda motor di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. "Kecelakaan Pemotor Yamaha AA 6702 FD di dpn Martabak Mesir Jl. Tebet Raya, korban luka2: Bapak Kartono (34 thn)."

Selain itu, lokasi lainnya di sekitar pinggiran Jakarta seperti di Pintu Keluar Terminal Kota Depok dilaporkan terpantau ramai lancar. Sedangkan situasi antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama 2 juga terpantau ramai cenderung padat terkendali.

Arus Balik Ramai Lancar

Akun Twitter milik PT Jasa Marga juga menginformasikan situasi lalu lintas di sejumlah jalan tol menuju Ibu Kota, berikut ini:

"Situasi lalu lintas di Rest Area Kilometer 32 tol Cikampek arah Jakarta juga terpantau ramai lancar."

"#Tol_Japek Karawang Barat  KM 49 - KM 42 arah Jakarta PADAT, kepadatan vol lalin dan di lajur keluar/masuk kendaraan di TI KM 42."

"#Tol_Jagorawi Cawang - TMII - Cibubur - Bogor - Ciawi LANCAR ; Ciawi - Bogor - Cimanggis - TMII - Cawang LANCAR."

"#Tol_Japek Karawang Timur KM 53 - Karawang Barat KM 42 PADAT, kepadatan vol lalin dan di lajur keluar/masuk kendaraan di TI KM 42."

"#Tol_Japek Cawang - Cikunir - Cikarang - Dawuan - Cikampek LANCAR."

"#Tol_Janger Tomang - Karang Tengah - Tangerang - Bitung LANCAR ; Bitung - Tangerang - Karang Tengah -Tomang LANCAR.

"#Tol_CTC Cawang - Tomang - Pluit - Cengkareng LANCAR ; Cengkareng - Pluit - Tomang - Cawang LANCAR."

"#Tol_JLJ TMII - Cikunir - Cakung - Semper LANCAR. ; Semper - Cakung - Cikunir - TMII LANCAR."

"#Tol_JLJ Ulujami - Pd Ranji - Serpong LANCAR. ; Serpong - Pd Ranji - Ulujami LANCAR."

Sebelumnya, Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto mengatakan, pihaknya mencatat adanya lonjakan kendaraan arus balik libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW di Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Jakarta pada Sabtu 7 Mei 2016.

Lonjakan arus balik liburan kali ini ini tercatat sebanyak 26.042 unit kendaraan atau melonjak sekitar 30 persen dari kondisi normal sebanyak 20.000 unit kendaraan.

PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memprediksi puncak arus balik libur panjang di jalan Tol Jakarta-Cikampek akan terjadi pada Sabtu hingga dan Minggu 8 Mei 2016.

Adapun PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mencatat kenaikan volume penumpang KRL 10 hingga 15 persen dalam momen libur panjang pekan ini.

"Normalnya jumlah pengguna jasa KRL pada akhir pekan berkisar 600 ribu hingga 630 ribu per hari, namun libur panjang kali ini jumlah penumpang pada 5 dan 6 Mei kemarin meningkat hingga 700 ribu penumpang per hari," kata Kepala Humas PT KCJ Eva Chairunnisa seperti dikutip Antara.

Ia menyatakan peningkatan yang signifikan terlihat dari kepadatan dan volume penumpang arus balik liburan panjang pada sejumlah stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Bogor, Jakarta Kota, dan Tanah Abang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini