Sukses

Arus Balik Liburan Menuju Jakarta Padati Tol Cikampek dan Cipali

PT Jasa Marga memprediksi puncak arus balik libur panjang di jalan Tol Jakarta-Cikampek akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi arus lalu lintas dari arah Bandung, Jawa Barat menuju Jakarta usai libur panjang tergolong padat. Kepadatan arus balik ini terjadi hingga memasuki jalan Tol Karawang Barat. Padatnya arus lalu lintas disebabkan melonjaknya jumlah kendaraan yang melintas.

"Saat ini kondisi lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta tersendat di Tol Cipularang menjelang tempat peristirahatan di kilometer 97," ujar operator PT Jasa Marga, Novi seperti dikutip Antara, Sabtu (7/5/2016).

Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto sebelumnya mengatakan, bahwa Jasa Marga mencatat adanya lonjakan kendaraan arus balik libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj di Gerbang Tol Cikarang Utama menuju Jakarta.

Lonjakan arus balik liburan kali ini ini tercatat sebanyak 26.042 unit kendaraan atau melonjak sekitar 30 persen dari kondisi normal sebanyak 20.000 unit kendaraan.

PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek memprediksi puncak arus balik libur panjang di jalan Tol Jakarta-Cikampek akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok.

Palikanci dan Cipali

Tak hanya di Cipularang, arus balik kendaraan roda empat ke Jakarta juga mulai terlihat memadati tol yang ada di Cirebon, Jawa Barat, baik di Tol Palikanci maupun Cipali.

 

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon AKP Galih Raditiya mengatakan, arus balik sudah nampak memadati tol yang berada di Cirebon dan sampai sekarang masih lancar meskipun sudah ramai.

"Arus balik sudah keliatan dan semakin ramai untuk hari ini dan masih lancar," kata Galih.

Menurut dia, di kedua jalan tol sudah ada peningkatan arus balik sejak Sabtu ini, namun belum macet meskipun ada peningkatan jumlah kendaraan.

Ia memperkirakan untuk puncak arus balik akan terjadi Minggu besok, mengingat hari Senin kebanyakan kantor sudah masuk seperti biasa. "Kami memperkirakan arus balik itu hari Minggu esok," tutur Galik.

Dia menambahkan, pihaknya akan terus siaga untuk mengatur lalu lintas, agar kemacetan bisa diminimalisir. Selain itu pihaknya juga mengimbau masyarakat yang menggunakan tol untuk menyiapkan uang pas, agar bisa mempercepat transaksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini