Sukses

Blusukan ke Pasar Rawamangun, Sandiaga Uno Diminta Borong Ikan

Kehadiran Sandiaga Uno di Pasar Rawamangun tak mendapat sambutan meriah. Para pedagang sibuk dengan dagangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga S Uno pagi ini blusukan ke Pasar Rawamangun, Jakarta Timur. Kedatangannya ke pasar tradisional itu dalam rangka memperkenalkan diri kepada para pedagang sebagai Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar seluruh Indonesia (APPSI), sekaligus bakal calon DKI 1.

Pantauan Liputan6.com, pukul 09.00 WIB Sandiaga tiba-tiba muncul dari dalam pasar bersama 2 orang dari APPSI. Dia pun menyapa sejumlah anggota APPSI yang sudah menunggu di depan pasar.

Berbeda dengan di Kanal Banjir Timur dan Makam Pangeran Jayakarta, yang kehadirannya disambut kerumunan banyak orang, di Pasar Rawamangun, para pedagang sibuk dengan dagangannya dan kurang memperhatikan kedatangan sang bakal calon gubernur.

Mengenakan kemeja hijau putih dan celana warna krem, Sandiaga pun memulai kegiatan pagi ini dengan doa bersama.

"Saya Sandiaga Uno pak dari APPSI," sapa Sandiaga ke seorang petugas keamanan pasar di lokasi, Sabtu (7/5/2016).

Meski kedatangan Sandiaga Uno tidak mendapat banyak perhatian, tapi banyak juga pedagang yang mengenalinya dan minta foto bersama.


Tapi tak sedikit warga pasar heran dan baru sadar setelah diingatkan bahwa yang datang adalah sang bakal calon Gubernur DKI. Pedamping Sandiaga pun mulai melempar janji ke setiap pedagang.

"Oh ini ya Pak Sandiago itu, ya ya. Kita nggak perlu janji ya, perlu bukti. Ntar kita minta jengkol dibeliinnya petai. Abis janji aja bohong banyakan," ujar seorang  pedagang kain dengan logat Padangnya.

Dalam blusukannya kali ini, Sandiaga meminta para pedagang tak ragu mengutarakan harapan mereka.

"Jadi APPSI akan menampung semua aspirasi ibu. Keluarkan saja apa. Nanti saat saya diberi amanah akan saya berdayakan pasar ini," janji Sandiaga

Selain menyapa dan melambaikan tangan ke setiap pedagang, Sandiaga juga menanyakan harga-harga barang dagangan di dalam pasar. Mulai dari bawang, cabai, daging, dan lainnya.

Para pedagang berharap, pasar jadi semakin ramai pengunjung sehingga barang dagangan mereka semakin laris.

"Insa Allah pak pasar makin meningkat, jika saya nanti diberi amanah," jawab sang bakal calon gubernur.

Melihat kehadiran Sandiaga Uno, seorang ibu pedagang ikan berteriak minta ikannya dibeli sampai habis.

"Pak borong dong pak ikan saya, abisin," teriak si ibu yang hanya ditanggapi senyuman dan tawa Sandiaga.

Pedagang daging pun tak ketinggalan mengeluh. Saat ini, harga daging belum juga turun dari angka Rp 120 ribu. Si pedagang khawatir dengan dampaknya ketika hari Lebaran nanti.

"Presiden mintanya di bawah 70 ribu kan (harga daging). Solusinya ya pasokan daging harus ditambah dan pedagang pun dikasih modal. Harus ada juga gerakan belanja di pasar tradisional," tutur Sandiaga.

"Saya coblos nih yang penting janjinya tepat," ujar si pedagang daging begitu mendengar janji Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini