Sukses

Arus Balik Liburan Panjang Mulai Terlihat di Tol Cikampek

Namun belum ada lonjakan kendaraan arus balik libur panjang yang melintas di Tol Cikampek.

Liputan6.com, Bekasi - PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek mencatat sejumlah kendaraan arus balik libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi'raj 2016 mulai melintasi Gerbang Tol Cikarang Utama pada Jumat malam tadi.

"Rata-rata arus balik ini adalah pengendara yang mengisi libur dengan menempuh perjalanan jarak dekat, seperti Jakarta-Cikarang, Bekasi-Karawang, dan lainnya," ucap Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto di Bekasi, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Sabtu (7/5/2016) dini hari.

Menurut dia, lalu lintas arah balik di gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dari Tol Cikampek menuju Jakarta pada Jumat 6 Mei 2016 pukul 06.00-13.30 WIB mencapai 21.272 kendaraan dari lalu lintas normal 26.500 unit kendaraan.

"Artinya belum ada lonjakan arus balik pada hari ini. Untuk malam harinya masih kita hitung," kata Iwan.

Pantauan melalui layar Closed Circuit Television (CCTV) Sentral Komunikasi Jasa Marga Jakarta-Cikampek di Rawapanjang, Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi, kendaraan arus balik tersebut didominasi kendaraan pribadi menuju Bekasi dan sekitarnya.

Iwan menambahkan, prediksi puncak arus balik libur panjang kali ini akan terjadi pada Sabtu ini dan besok.

"Saat arus balik puncak nanti akan ada peningkatan volume kendaraan sebesar 12 persen atau sebanyak 85.813 dari 76.538 kendaraan saat normal," ujar Iwan.

Salah satu pengendara, Migas Sanjaya (42), mengaku hanya mengajak anak-anaknya berlibur ke wahana kolam renang Waterboom Cikarang, Jumat 6 Mei 2016.

"Kebetulan rumah saya di Jatiasih, Kota Bekasi dan anak-anak suka berlibur ke waterboom, jadi liburan jarak dekat saja, untuk nyenengin anak-anak," tutur Sanjaya.

Menurut arsitek lulusan Universitas Gadjah Mada itu liburan dengan jarak tempuh yang jauh hanya akan menghabiskan stamina dan uang.

"Istri sempat mengajak ke Bandung, tapi tahun lalu kita ke sana, macetnya luar biasa. Bukannya piknik, malah waktu habis di jalan," kata Sanjaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini