Sukses

Kepadatan Lalu Lintas di Puncak Bogor Diprediksi Kamis Dini Hari

Hingga menjelang tengah malam, belum ada antrean panjang dari pintu tol keluar Gadog menuju kawasan Puncak.

Liputan6.com, Bogor - Jelang libur panjang, lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih terpantau lancar. Hingga Rabu malam sekitar pukul 22.30 WIB, terpantau belum ada antrean dari pintu tol keluar Gadog menuju kawasan Puncak.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kepadatan kendaraan hanya terjadi di beberapa titik, seperti di Cipayung, Pasar Cisarua dan Warung Kaleng.

Berbeda pada saat Rabu siang, di mana terjadi kemacetan mulai dari Simpang Gadog hingga Tanjakan Selarong. Kemacetan panjang juga terpantau mulai dari Cibogo, Megamendung hingga simpang Taman Safari Indonesia.

Kasat Lantas Polres Bogor, Ajun Komisaris Bramastyo Priadji memprediksi peningkatan arus menuju kawasan Puncak akan terjadi pada hari pertama libur panjang, yakni Kamis (5/5/2016) dini hari hingga siang nanti.

Adapun puncak kepadatan arus balik diprediksi terjadi pada Minggu dini hari hingga siang. Untuk mengantisipasi kemacetan, Kepolisian Resor Bogor akan memberlakukan sistem one way atau satu arah mulai Kamis pagi.

Mulai Kamis pukul 08.00-11.00 WIB, arus dari Jakarta menuju Cianjur dibuka searah. Begitu pula arah sebaliknya mengikuti waktu yang ada atau situasional.

"Diharapkan sistem itu bisa membantu mengurai kepadatan kendaraan," ujar Bramastyo.

Sebelum memberlakukan sistem satu arah, petugas akan menahan kepadatan kendaraan dari arah Jakarta dan Ciawi persis di Simpang Gadog. "Agar bisa diberlakukan sistem buka-tutup, kendaraan arah Jakarta dan Ciawi ditahan terlebih dulu untuk mengurai arus dari arah Puncak," Bramastyo menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.