Sukses

Libur Panjang, Ribuan Mobil Padati Pelabuhan Merak Malam Ini

Pelabuhan Merak menyatakan siap menghadapi peningkatan volume kendaraan yang diprediksi terjadi pada malam ini.

Liputan6.com, Cirebon - Libur panjang 5-8 Mei 2016 akan membuat sejumlah ruas jalan diserbu pengendara yang akan mengisi liburan ke sejumlah daerah.

Salah satunya di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Volume kendaraan di pelabuhan tersebut diprediksi akan meningkat pada pukul 20.00 WIB.

"Macet sekitar jam 8 sampai jam 9 malam ini, peningkatan mencapai 100 sampai 200 persen," kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario S Oetomo saat dikonfirmasi, Serang, Rabu (4/5/2016).

 

Mario menambahkan, jumlah penumpang pejalan kaki diperkirakan akan menembus angka 8.000 orang. Jumlah ini meningkat dari hari biasanya yang hanya mencapai 4.000 orang. Sedangkan kendaraan pribadi mencapai 3.500 unit.

"Kita buat pola seperti lebaran. Padat dan sangat padat. Kita persiapkan 28 kapal setiap harinya. Loket penumpang kita pindah ke depan, biar enggak ada crowded, dari 8 jadi 12 loket, mobil masih 8, motor dari 2 jadi 5," terang Mario.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga terus berkoordinasi semakin intensif dengan PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku operator jalan tol Tangerang-Merak. Ini untuk mengantisipasi lonjakan penumpang secara dadakan.

"Kalau ada pergerakan yang cukup padat di Cikupa, MMS biasanya ngasih tau ke kita (ASDP). Rest area jadi kantong parkir. Di beberapa titik ada papan informasi, di Balaraja dan di Pipitan ada pengumuman di situ," ucap Mario.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini