Sukses

Mercy Yusril Disiram Cat Kuning Terekam CCTV Kampus STIS

Pihak kampus akan kooperatif menyerahkan CCTV bila polisi yang meminta membukanya.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Mercedez Benz milik Yusril Ihza Mahendra disiram cat kuning oleh orang tak dikenal di kawasan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur. Warga yang berupaya menyelidiki pelaku sempat meminta rekaman CCTV pihak Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang tepat berada di samping lokasi kejadian.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, posisi CCTV di kampus STIS itu tepat mengarah ke tempat parkir mobil Yusril saat kejadian. Namun, Nurseto selaku Kepala Sub Rumah Tangga Kampus STIS mengatakan, untuk mendapatkan rekaman itu harus melalui prosedur yang sudah ditetapkan.

"Kita tidak bisa memberikan informasi itu kecuali pihak kepolisian yang minta. Walaupun Pak Yusril sendiri tetap enggak boleh kalau enggak dengan pihak kepolisian yang minta," terang Nurseto di Kampus STIS, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (4/5/2016).

Yusril mendapati mobilnya disiram dengan cat kuning usai menghadiri syukuran warga Bidara Cina. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Dia pun menambahkan, apapun itu demi kepentingan penyelidikan pihaknya akan terbuka membantu. Hanya saja, rekaman CCTV dapat diperlihatkan jika pihak Yusril melaporkan perkara itu dan meminta kepolisian mengusut.

"Intinya minta izin dulu ke Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat. Di Pasar Baru sana tempatnya. Minta ijin ke Biro Humas BPS," lanjut dia.

Adapun prosedurnya saat di BPS, yang bersangkutan harus meminta ijin melalui Pejabat Pemberi Informasi Publik yang ada di sana.

Pihak keamanan STIS Hariyono pun menyayangkan kejadian itu. Menurutnya, jika ada kordinasi dengan pihak STIS, kejadian itu pun mungkin dapat terhindari.

"Salahnya kurang koordinasi orang belakang. Itu kejadiannya di luar (STIS). Jadi kita sulit. Harusnya parkir saja di sini (dalam kampus). Tinggal buat surat saja lahan parkirnya bisa dipakai," terang Hariyono.

Sebelumnya, Yusril diundang menghadiri acara syukuran warga Bidaracina atas kemenangan mereka di PTUN melawan Pemprov DKI Jakarta. Saat pulang, dia mendapati bagian kiri mobil sedan hitamnya itu dilumuri cat kuning.

Beberapa asisten Yusril pun menemukan satu kantong plastik yang diduga digunakan untuk menyiram mobil Yusril dengan cat.

"Itu ada plastik hitam yang ada noda catnya," ujar salah seorang asisten Yusril di lokasi, Selasa 3 Mei 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.