Sukses

Libur Panjang, Tol Jakarta-Cikampek Mulai Padat Sore Ini

Kepadatan terlihat mulai dari Cawang hingga rest area Bekasi Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang libur panjang Kenaikan Yesus Kristus, Isra Miraj dan akhir pekan pada 5-8 Mei, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek mulai terlihat padat hari ini. Kepadatan kendaraan terlihat mulai dari Cawang hingga rest area Bekasi Timur.

"Dari kilometer 0 sampai kilometer 19," kata Tini, petugas Jasa Marga Traffic Information ketika dihubungi Liputan6.com, Rabu (4/5/2016).

Tini mengatakan, keluar masuknya kendaraan di kawasan itu membuat kepadatan arus di sekitar lokasi. Dari arah sebaliknya yakni Cikampek-Jakarta, kepadatan juga terjadi akibat adanya kecelakaan lalu lintas.

"Sekitaran Cibitung sampai Tambun padat. Penyebabnya ada informasi kecelakaan di KM 19. Belum diketahui identitas kendaraannya dan penyebabnya," kata Tini.


Sementara itu, di Tol Jagorawi  terpantau lancar menuju arah Bogor. "Jagorawi arah Puncak Bogor masih ramai lancar," ucap Tini.

Direktur Operasi Jasa Marga Christantio Prihambodo menyatakan, puncak kemacetan diprediksi terjadi hari ini mulai pukul 16.00 WIB nanti. Kepadatan lalu lintas, kata dia, diperkirakan berlangsung hingga jelang tengah malam atau sekitar 23.00 WIB.

"Dari pengalaman kami libur kemarin, mulai menanjak pukul 16.00 WIB. Itu Terus sampai malam hingga pukul 22.00 WIB. Nanti pukul 23.00 WIB sudah mulai turun," terang Christantio di kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan.

Dia menjelaskan, lalu lintas keluar Jakarta yang mengarah ke selatan dan timur, hari ini bisa mencapai 105 ribu kendaraan.

"Lalin harian biasa normal 76 sampai 77 ribu. Kondisi ini seperti mudik bisa sampai 105 ribu. Cikarang utama paling tinggi. Cibubur utama segituan juga," kata dia.

Adapun puncak arus balik diperkirakan terjadi mulai Sabtu sore 7 Mei.

"Sabtu sore sudah mulai. Dua hari Sabtu dan Minggu. Biasanya orang yang kerja Senin sudah mulai pulang Sabtu," pungkas Christantio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.