Sukses

Sehari Jelang Libur Panjang, Kawasan Puncak Mulai Macet

Siang ini kendaraan sudah mengantre untuk memasuki sejumlah kawasan wisata di Puncak, Bogor, Jabar.

Liputan6.com, Bogor - Satu hari jelang liburan panjang, lalu lintas menuju ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sudah macet. Siang ini kendaraan sudah mengantre untuk memasuki kawasan wisata tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (4/5/2016), pada pukul 12.15 WIB, kemacetan mulai terjadi di Simpang Gadog hingga Tanjakan Selarong.

Antrean kendaraan juga terjadi mulai dari Cibogo, Megamendung, hingga simpang Taman Safari Indonesia, Cisarua. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak merayap dengan kecepatan rendah. Berkisar dari 0-20 km/jam.

Sementara arus lalu lintas dari arah Cianjur terpantau ramai lancar.

Kemacetan juga terjadi di Tol Dalam Kota yang mengarah ke Bekasi, Jawa Barat. Pantauan Liputan6.com, kecepatan kendaraan berkisar 20-30 km/jam. Namun arah sebaliknya terpantau lancar.

Liburan panjang akhir pekan segera tiba. Kebetulan libur nasional kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj jatuh pada tanggal yang berdekatan dengan akhir pekan, yakni 5 dan 6 Mei 2016.

Diperkirakan sebanyak 127 ribu kendaraan roda empat akan keluar dari Jakarta menggunakan jalan tol selama libur panjang ini. Agar tak terjadi penumpukan kendaraan di sana, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menerapkan 3 strategi mengurai macet.

Yakni sistem 'jemput bola' pembayaran tiket tol dan buka-tutup rest area, sistem contra flow atau lawan arus, serta pengalihan arus kendaraan dari jalan tol ke ruas jalur arteri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.