Sukses

Cerita Jokowi saat Konsentrasi Buyar Gara-gara Mikrofon

Gulai kepala ikan, burung goreng, ayam gulai, hingga daun singkong disajikan di meja Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Beragam menu sudah disajikan di meja sang Presiden. Gulai kepala ikan, burung goreng, ayam gulai, hingga daun singkong. Semua adalah menu masakan Padang.

Santap siang bersama Jokowi pada Selasa 3 Mei 2016 itu digelar di sebuah rumah makan di Jakarta. Duduk mendampinginya Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan juru bicara Presiden Johan Budi.

Di tengah acara siang itu, Jokowi pun bercerita tentang momen saat suaranya tak bisa keluar lantaran konsentrasinya buyar. Kisah ini mengalir ketika ada jurnalis dan juru foto yang meminta agar posisi mikrofon yang dipakai Presiden tak menutupi wajahnya.

Mendengar hal itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tiba-tiba mengangkat pundaknya dan menggelengkan tangan. "Ndak bisa itu," ujar Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu menjelaskan, sejak dirinya terjun sebagai pejabat eksekutif, sudah menjadi kebiasaan jika mik yang digunakan berada hanya beberapa centimeter di atas mulutnya.

"Miknya agak tinggi, terus sebelum mulai pidato, saya turunkan sedikit (sehingga mik mengarah ke mulut)," jelas dia.

Metal

Suami Iriana Widodo itu tidak tahu sejak kapan hal itu menjadi kebiasaan. Bila diubah, seringkali konsentrasinya buyar sehingga dia tak tahu apa yang mau dibicarakan.

"Coba perhatikan deh, kalau posisi mik di bawah (mulut), pidato saya berantakan. Suara saya juga ndak keluar. Kebiasaan," ujar Jokowi.

Setelah menyeruput es jeruk kelapa, ayah 3 anak itu pun melontarkan sebuah candaan. "Mik di bawah buat penyanyi pop. Lah presidennya suka metal, ya (di atas miknya)," kelakar Jokowi yang disambut gelak tawa seisi rumah makan.

Doyan masakan Padang? Pastikan Anda cicipi masakan di restoran ini.

Waktu pun sudah menunjukkan pukul 13.40 WIB. Hampir 1 jam acara makan siang dengan Presiden berlangsung. Makanan Padang yang lumayan pedas dan kondisi ruangan yang lumayan panas membuat butiran keringat muncul di keningnya.

Dia pun mengambil tisu dan menyeka keringat. "Ayo, kembali kerja," ucap Jokowi sembari berdiri dari kursi.

Jokowi lalu masuk ke dalam mobil dinas. Riuh suara iringan presiden pun terdengar menjauhi rumah makan Padang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini