Sukses

Yusril Hadiri Syukuran Kemenangan Warga Bidaracina Lawan Ahok

Yusril berjalan ke lokasi acara dan melambaikan tangan dari jauh pada warga Bidaracina.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Bidaracina sangat bersyukur dengan kemenangan mereka atas gugatan terkait penerbitan Surat Keputusan Gubernur Nomor 2779 Tahun 2015 tentang lokasi sodetan Kali Ciliwung di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Mereka pun merayakannya dengan menggelar syukuran.

Dalam acara bertajuk 'Syukuran Warga Bidaracina' itu, warga turut mengundang bakal calon Gubernur DKI Jakarta Yusril Ihza Mahendra. Pantauan Liputan6.com, Selasa (3/5/2016) pukul 15.30 WIB, yang ditunggu-tunggu pun hadir.

Yusril berjalan ke lokasi acara dan melambaikan tangan dari jauh. Warga pun mengumandangkan yel-yel untuk menyambut kehadiran Yusril.

"Warga Bidaracina! Jatinegara! Jakarta Timur! Bang Yusril siapa yang punya? Yang punya kita semua," teriak warga melalui pengeras suara di kawasan Bidaracina, Jakarta Timur.

Mendapati sambutan meriah itu, Yusril pun membalas, "Ya, ya... Semuanya terima kasih," ujar Yusril saat tiba di lokasi.

Ngopi Dulu Bang...

Teriakan yel-yel pun semakin keras. Sepanjang jalan, Yusril disalami oleh warga yang berebut mendekat.

"Hidup Yusril! Kami warga Bidaracina mendukung Anda menjadi gubernur!" Teriakan warga itu pun disahuti oleh sang bakal calon DKI 1. "Hidup," ujar Yusril sambil mengepalkan tangan ke atas.

Berbalut kemeja putih dan celana hitam, Yusril dibuntuti warga berkeliling gang senggol di kawasan Bidaracina itu. Sambil terus menyapa warga, dia berdesakan gang demi gang.

"Bang Yusril sini mampir ngopi dulu. Donat ini ada donat," sapa salah seorang warga.

Warga Bidaracina, Cawang, Jakarta Timur, memenangkan gugatan terkait penerbitan Surat Keputusan Gubernur Nomor 2779 Tahun 2015 tentang lokasi sodetan Kali Ciliwung di PTUN.

Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang Perubahan atas Keputusan Gubernur Nomor 81 Tahun 2014 tersebut berisi Penetapan Lokasi Pembangunan Inlet Sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT).

Dalam putusan di persidangan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) tersebut, menyatakan SK yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok itu batal.

Diserbu Ibu-ibu

Yusril mendatangi kawasan Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur. Ia diundang warga untuk menghadiri syukuran, sekaligus mendapat pernyataan bahwa warga Bidaracina mendukungnya menjadi calon Gubernur DKI.

Yusril pun diserbu oleh warga Bidaracina. Namun ternyata, para ibu tampak sangat menggebu berebut mendekati Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu.

Dengan ponsel di tangan, ibu-ibu berebut jabat tangan dan berfoto selfie. "Abang berenti dulu. Saya mau foto. Arah sini bang," suara para ibu bersahut-sahutan.

Yusril pun menanggapi dan berfoto. Seorang ibu bahkan sudah mempersiapkan tongsis dan mengajak Yusril merapat. Terlihat si ibu sangat puas dengan hasil jepretannya.

Setelah itu, Yusril blusukan ke rumah warga. Jalan sempit mengantar Yusril menuju gang demi gang. Yusril menyempatkan diri meninjau bantaran kali Ciliwung yang terdampak banjir.

"Inilah suasana rakyat kita. Duduk bersila, berdiri gendong bayi. Berpakaian seadanya. Inilah wajah bangsa Indonesia. Sebagian serba kekurangan, sebagian sudah kaya. Melihat kampung kita ini. Rapat. Ingin kita melihat hidup warga damai. Sedih kalau melihat warga akan digusur," tutur Yusril.

Yusril lalu menuju panggung utama tempat syukuran warga Bidaracina atas kemenangannya melawan Pemprov DKI Jakarta dalam gugatan di PTUN Jakarta.

"Dengan rasa haru dan bangga, kami mengadakan syukuran atas menangnya warga Bidaracina dalam gugatan di PTUN kemarin," tutur perwakilan warga di panggung sambil terisak haru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini