Sukses

Kata Jubir Presiden Soal Saling Klaim Pembebasan 10 WNI

Juru Bicara Presiden Johan Budi membenarkan upaya diplomasi pembebasan melibatkan pihak non pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Pasca-bebasnya 10 WNI dari kelompok Abu Sayyaf, ada dua kelompok yang mengklaim berjasa. Mereka adalah tim kemanusiaan yang dipimpin Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zen.

Terkait saling klaim itu, Juru Bicara Presiden Johan Budi membenarkan upaya diplomasi pembebasan melibatkan pihak non pemerintah.

"Bahwa ada pihak informal, saya kira itu perlu diapresiasi juga, tapi leader pembebasan itu tetap pemerintah," kata Johan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/5/2016).


Menurut Johan, tidak bisa pihak informal sukses membebaskan sandera tanpa bantuan pemerintah Indonesia. Sebab, lokasi penyanderaan di wilayah Filipina dan dibutuhkan koordinasi goverment to goverment atau G to G.

"Penyelamatan sandera di lead pemerintah Indonesia melalui jalur diplomasi, tanpa itu tidak mungkin bisa pihak informal masuk Filipina," tegas mantan Jubir KPK itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.