Sukses

Indahnya Kopiah Anyaman Bambu Sunarwi

Dengan memanfaatkan bambu tali yang banyak terdapat di desanya, Sunarwi membuat kopiah anyaman bambu. Sayang, Sunarwi tidak memiliki cukup modal dan jaringan pemasaran.

Liputan6.com, Probolinggo: Berpikir kreatif memanfaatkan potensi alam yang ada dilakukan Sunarwi, salah satu perajin di Probolinggo, Jawa Timur. Dengan memanfaatkan bambu tali yang banyak terdapat di desanya, perajin ini membuat kopiah anyaman bambu dan beragam kerajinan lainnya. Tidak hanya cantik dan indah, kopiah ini sudah bisa diperoleh dengan uang Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribu.

Kerajinan ini memanfaatkan bambu tali atau apus yang banyak terdapat di Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris. Untuk menjadi bahan anyaman, bambu terlebih dahulu dipotong menjadi beberapa bagian kecil, diserut agar halus dan diberi pewarna. Bambu lalu dibentuk menjadi bahan anyaman dengan ukuran setengah meter. Bahan inilah yang digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan dari bambu, salah satunya kopiah.

Dalam sehari, dengan dibantu 15 orang tetangganya, Sunarwi mampu memproduksi 100 kopiah. Sayang, produksi kerajinan dari bambu ini masih mengandalkan pesanan dari pelanggan. Sunarwi tidak memiliki cukup modal dan jaringan pemasaran untuk mengembangkan usahanya. Selengkapnya simak video berita ini.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini