Sukses

Hardiknas, Menteri Anies Beberkan Kekurangan Dunia Pendidikan

Hal lain yang menjadi perhatian Anies, adalah meningkatkan kompetensi mengajar para tenaga pendidik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, banyak aspek yang perlu diperbaiki dalam dunia pendidikan. Mulai dari infrastruktur, mutu siswa, hingga kualitas tenaga pendidik.

Anies mengatakan, di bidang infrastuktur, jumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) masih kurang, sehingga banyak anak-anak hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sehingga, masalah ini berdampak signifikan pada mutu generasi muda.

"Kita perlu lebih banyak lagi sekolah, terutama SMA, karena tingkat putus sekolah masih tinggi di tahap tersebut," kata Anies pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2016).

"Mutu kita harus ditingkatkan, bukan hanya lebih baik dari sekarang, tapi kita harus lebih baik negara-negara tetangga kita. Karena anak-anak kita akan berhadapan dengan dunia global. Bukan hanya dunia kita sekarang," sambung dia.

Hal lain yang menjadi perhatian Anies, adalah meningkatkan kompetensi mengajar para tenaga pendidik. Mutu seorang murid dan kompetensi tenaga pendidik harus saling berkaitan.

Karena itu, kata Anies, kementeriannya menyusun program-program pelatihan, untuk mencetak tenaga pendidik yang sesuai standarisasi nasional.

"Kita harus meningkatkan kompetensi kinerja guru. Itu yang utama, yang harus kita selesaikan lewat pelatihan. Harapannya, 2,9 juta guru kita bisa dilatih menjadi fasilitator pendidikan yang baik," tandas Anies Baswedan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini