Sukses

DPR Reses, PAN Gelar Safari Politik Sabang Merauke

Kegiatan Sabang Merauke ini akan dilakukan ke 9 kota lintas Jawa dan Banten mulai Rabu 4 Mei sampai Sabtu 14 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menyelenggarakan kegiatan 'Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan (Sabang Merauke)' ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Safari tersebut direncanakan akan diselenggarakan dalam beberapa tahap.

"Tahap pertama dilaksanakan di 9 kota atau kabupaten lintas Jawa dan Banten mulai hari Rabu 4 Mei 2016 hingga Sabtu 14 Mei 2015 mendatang. Tujuannya adalah untuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat untuk kemudian diperjuangkan," ungkap Ketua Fraksi PAN DPR Mulfachri Harahap di Kantor DPP PAN Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (1/5/2016).

Ia menjelaskan, kalau bangsa Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku namun semuanya dapat bersatu. Dengan kegiatan Sabang Merauke, PAN dapat menyerap aspirasi masyarakat melalui akses politik.

"Untuk Sabang Merauke tahap kedua, rencananya akan dilaksanakan setelah hari raya Idul Fitri nanti. Dan kita akan menjangkau wilayah-wilayah di Sumatera," ucap dia.

Ia menuturkan kalau jadwal safari tahap pertama ini berbarengan dengan masa reses DPR agar semua kader yang menjadi anggota DPR dapat ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Para anggota DPR tersebut nantinya menjadi fasilitator atau penghubung PAN dengan daerah-daerah pemilihannya. Dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tetap menjadi tokoh utama dalam safari itu," ujar Mulfachri.

Saat ditanyakan apakah kegiatan Sabang Merauke untuk meningkatkan elektabilitas dan popularitas PAN utamanya Ketua Umum Zulkifli Hasan dalam menghadapi Pilkada serantak 2017 dan Pemilu Presiden pada 2019 nanti, Mulfachri membantahnya.

Dia menyatakan bahwa popularitas pria yang karib disapa Zulhas itu tak perlu diragukan lagi. "Sedangkan untuk PAN, kalaupun dengan kegiatan itu untuk meningkatkan elektabilitas dan popularitas, kami tidak kuasa menolaknya. Yang pasti kita ingin menyerap isu langsung dari masyarakat," jelas Mulfachri.

Sementara itu, Sekretaris Jendral PAN Eddy Soeparno juga mempertegas bahwa kegiatan Sabang Merauke juga akan diikuti oleh semua tokoh sentral partai berlambang matahari terbit itu.

"Diikuti pengurus teras PAN, ini komitmen bersama untuk hadir menyerap aspirasi kunjungan selama 10 hari terhitung 4 Mei," pungkasnya.

Arti Safari Sabang Merauke PAN

Ketua DPP PAN Aziz Subekti menjelaskan soal pemilihan nama Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan (Sabang Merauke).

"Pemilihan nama Sabang Merauke bukan tanpa alasan. Itu sebenarnya adalah akronim dari Safari Kebangsaan Merajut Kebhinekaan. Nama ini dipilih karena PAN sadar pentingnya menjaga persatuan dan keutuhan Indonesia yang membentang dari Sabang smpe Merauke," ungkap Aziz.

Kegiatan Sabang Merauke ini, lanjut dia, akan dilakukan ke 9 kota lintas Jawa dan Banten mulai Rabu 4 Mei sampai Sabtu 14 Mei 2016.

"Titik pertama yang akan dikunjungi adalah Serang, Purwakarta, Cirebon, Pekalongan, Semarang, Solo, Bojonegoro, Surabaya, dan berakhir di Malang," beber Aziz.

Sekretaris Fraksi PAN di DPR Yandri Susanto pun membeberkan acara pertama Sabang Merauke di Serang.

"Kegiatan di Serang pertama Ketua Umum (Zulkifli Hasan) akan mengunjungi SMAN 1 dan membahas bahaya narkoba karena PAN punya perhatian khusus pada narkoba ini. Lalu kami akan menuju pusat kerajinan rakyat gerabah, tanah gerabah Serang terbaik di Indonesia," ucap Yandri.

"Yang ketiga adalah ketemu kepala desa sekabupaten Serang, Ketua Umum akan melakukan dialog kebangsaan. Keempat pelantikan kader PAN Banten, ketua umum akan meresmikan Masjid Baitul Iman," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini