Sukses

Buruh 'Kepung' Istana, Cek Pengalihan Rute Transjakarta

Bus Transjakarta yang melintas berjalan melambat, karena ribuan buruh masih memadati kawasan Bundaran Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ribu buruh dari berbagai aliansi turun ke jalan dan berdemo, memperingati Hari Buruh atau May Day hari ini. Buruh dari berbagai wilayah ini berdemo di beberapa titik di Ibu Kota.

Mereka berkumpul di Bundaran Patung Kuda dan beberapa titik di sekitar Monas, sebelum berdemo di depan Istana Merdeka. Akibatnya, ‎lalu lintas di sekitar lokasi terganggu, terutama bus Transjakarta yang hari ini tetap diizinkan beroperasi.

Kepala Humas PT Transjakarta Prasetia Budi mengatakan, pihaknya terpaksa mengalihkan jalur untuk bus yang biasa melintas di Koridor II Harmoni-Pulogadung. Sebab, kawasan Jalan Merdeka Selatan dipadati buruh.

‎"Karena aktivitas di Medan Merdeka Selatan cukup tinggi, jadi halte Balai Kota tidak beroperasi sementara," ujar Budi saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Budi menjelaskan, bus Transjakarta dari halte Harmoni yang seharusnya melintas di depan Balai Kota DKI dialihkan melintasi Juanda. Kemudian ke Pasar Baru, memutar di Lapangan Banteng ke arah Pejambon, dan masuk ke Tugu Tani serta mengarah ke Pulogadung.

Kendati, kata dia, Koridor I Blok M-Kota hingga saat ini tidak ada penutupan atau pengalihan. Bus Transjakarta yang melintas berjalan agak melambat, karena ribuan buruh masih memadati kawasan Bundaran Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Istana Merdeka.

"Kita situasional, sampai saat ini Koridor I tidak ada penutupan, cuma agak tersendat saja. Kalau memang nanti tidak memungkinkan dilewati, baru kita stop sementara," pungkas Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini