Sukses

VIDEO: Demo Buruh di Berbagai Daerah

Peringati hari buruh, sejumlah daerah seperti Yogyakarta dan Sidoarjo menggelar aksi turun ke jalan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Unjuk rasa hari buruh berlangsung di sejumlah daerah. Di Yogyakarta, unjuk rasa buruh diwarnai aksi blokade Jalan Malioboro. Pemerintah setempat sebenarnya sudah memfasilitasi acara peringatan hari buruh, namun ratusan buruh menolaknya dan memilih turun ke jalan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (1/5/2016), akibat aksi blokade jalan, lalu lintas di sekitar lokasi menjadi macet. Polisi akhirnya turun tangan, meminta pengunjuk rasa bergeser sehingga setengah badan Jalan Malioboro bisa digunakan untuk kendaraan melintas.

Sementara itu, ribuan buruh di Sidoarjo, Jawa Timur, turun ke jalan. Buruh berkumpul di Kawasan Industri Berbek Waru, lalu menuju kantor Gubernur dan DPRD Jatim. Buruh menuntut Gubernur dan DPRD agar segera mengeluarkan perda perlindungan buruh dan tetap memperhatikan kesejahteraan buruh.

Di Surabaya, Jawa Timur, kawasan SIER, Rungkut Industri, lumpuh karena ratusan pabrik tutup. Pihak pabrik khawatir dengan aksi penyisiran yang kerap dilakukan buruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.