Sukses

Band Gigi dan Pagelaran Seni Budaya Semarakkan May Day di GBK

Perayaan May Day di Gelora Bung Karno, Senayan juga akan dimeriahkan konser musik Grup Band Gigi.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Buruh atau yang lebih dikenal May Day, bakal diikuti puluhan ribu buruh di Jakarta hari ini. Mereka akan melakukan long march dan berorasi untuk menyampaikan aspirasi.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Moechgiyarto mengatakan, para buruh akan long march menuju Monas, persisnya di depan Istana Negara dan melanjutkan dengan orasi.

"Selesai May Day (di depan Istana) mereka akan bergerak ke Gelora Bung Karno (GBK), untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan atraksi seni dan budaya," kata Moechgiyarto di bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (1/5/2016).

"Jadi hari ini perayaan May Day yang akan dilaksanakan oleh rekan-rekan buruh di GBK," sambung Kapolda.

Moechgiyarto menuturkan, para buruh yang akan berdemo hari ini berasal dari 14 elemen, dengan jumlah estimasi yang hadir sekitar 157.050 orang.

"Jumlah estimasi yang akan hadir berdasarkan laporan mereka sebanyak 157.050 orang. Mereka akan hadir nanti di kegiatan-kegiatan yang ada, baik di Istana maupun yang di GBK," jelas dia.

Menurut Moechgiyarto, para buruh diusahakan tidak akan ke lokasi car free day (CFD) di Bundaran HI, sehingga lalu lintas si sekitar kawasan itu tidak dialihkan.

"Tidak ada pengaruhan arus lalu lintas, tetap jalan, karena ini CFD jadi tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja kita tidak berharap buruh masuki jalur CFD," kata dia.

Moechgiyarto menegaskan, usai kegiatan CFD berlangsung, para buruh tidak akan ke Bundaran HI. Karena usai berorasi di depan Istana Negara, mereka akan dikawal menggunakan bus menuju GBK.

Pagelaran Seni Budaya

Sementara, berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, perayaan May Day Fiesta 2016 di Stadion Utama GBK Senayan akan dimulai pukul 12.00 WIB.

Para buruh yang akan hadir antara lain dari KSPI, DPP KSPSI Andi Gani, DPP SPN, KP PBI, SBSI 92 Jakut & FSPASI, dengan estimasi massa 70.000 hinga 85.000 buruh.

Perayaan Hari Buruh ini akan diisi pembacaan ayat suci al-Quran, nyanyian lagu Indonesia Raya, tarian daerah, orasi perjuangan, dan deklarasi ormas. Acara ini juga akan dimeriahkan konser musik Grup Band Gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.